Penerapan e-modul berbasis culturally responsive transformative teaching (CRTT) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi koloid

Zakiyah, Azka (2023) Penerapan e-modul berbasis culturally responsive transformative teaching (CRTT) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi koloid. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076021_Azka_Zakiyah] Text (Skripsi_1908076021_Azka_Zakiyah)
Skripsi_1908076021_Azka_Zakiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Kurangnya pemahaman dan latihan untuk melatih keterampilan berpikir kritis menyebabkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi koloid rendah. Selain itu, arus globalisasi dan minimnya kesadaran untuk melestarikan budaya menyebabkan mulai lunturnya budaya Indonesia bahkan menjadi penyebab diakuinya budaya Indonesia sebagai budaya lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan e-modul koloid berbasis Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT) terhadap keterampilan berpikir kritis. Metode yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain nonequivalent kontrol desain. Penelitian dilakukan di SMAN 16 Semarang kelas XI MIPA dengan 46 sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes dengan jenis tes uraian (essay). Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, uji independent sample t-test, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis CRTT memberikan pengaruh yang tinggi dilihat dari hasil uji effect size sebesar 0,846 dengan presentase 79%. Pengaruh paling besar terdapat pada indikator membuat keputusan yang awalnya berkategori sangat rendah (43,48%) menjadi tinggi (77,17%). Peningkatan keterampilan berpikir kritis yang terjadi pada kelas eksperimen yaitu sedang dilihat dari hasil uji N-Gain sebesar 0,41 dan pada kelas kontrol menunjukan peningkatan rendah dengan hasil 0,19.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-modul; Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT); Berpikir Kritis; Koloid
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:43
Last Modified: 12 Jul 2024 06:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22802

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics