Pengaruh model problem based learning berbantuan laboratorium virtual terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada materi titrasi asam basa

Hapsari, Ladun Hikmah Jimat (2023) Pengaruh model problem based learning berbantuan laboratorium virtual terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada materi titrasi asam basa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076029_Ladun_Hikmah_Jimat_Hapsari] Text (Skripsi_1908076029_Ladun_Hikmah_Jimat_Hapsari)
Skripsi_1908076029_Ladun_Hikmah_Jimat_Hapsari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan lebih didominasi oleh guru serta pelaksanaan praktikum yang terbatas menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat divariasikan dengan media laboratorium virtual adalah model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental tipe nonequivalent control group design. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model PBL berbantuan laboratorium virtual terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada materi titrasi asam basa serta menganalisis hubungan antara motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada materi titrasi asam basa. Penelitian dilakukan di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus dengan sampel penelitian kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling total. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t, uji N-Gain dan uji korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan laboratorium virtual berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada materi titrasi asam basa. Penerapan model PBL berbantuan laboratorium virtual terhadap peningkatan motivasi belajar yaitu sebesar 19,55% dengan kategori sangat tinggi, sedangkan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif yaitu sebesar 21,7. Hubungan antara motivasi dan hasil belajar kognitif pada penelitian ini adalah searah dengan tingkat korelasi sedang yaitu sebesar +0,596.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem based learning (PBL); Laboratorium virtual; Acid base titration; Titrasi asam basa; Motivasi belajar; Hasil belajar kognitif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:51
Last Modified: 15 Jul 2024 01:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22805

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics