Pengaruh pembelajaran kimia berbasis steam project berbantuan chemsketch terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif pada materi makromolekul

Ummah, Miftahun Nafiul (2023) Pengaruh pembelajaran kimia berbasis steam project berbantuan chemsketch terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif pada materi makromolekul. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076043_Miftahun_Nafiul_Ummah] Text (Skripsi_1908076043_Miftahun_Nafiul_Ummah)
Skripsi_1908076043_Miftahun_Nafiul_Ummah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan sains dan teknologi yang semakin pesat harus dapat dihadapi salah satunya adalah melatih diri untuk berpikir kreatif dalam menghadapi segala permasalahan termasuk dalam pembelajaran di sekolah. Selain kemampuan berpikir kreatif, hal lain yang perlu ditingkatkan yaitu ketercapaian hasil belajar yang tinggi, namun untuk mencapai ini, peserta didik mengalami kendala, sehingga peneliti menerapkan inovasi pembelajaran dengan pendekatan STEAM Project berbantuan ChemSketch. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kimia berbasis STEAM Project berbantuan ChemSketch terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMA N 1 Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental. Desain quasi experimental yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Pembelajaran kimia dengan pendekatan STEAM Project berpengaruh sedang dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dibuktikan dengan nilai uji t-test perbedaan dua rata-rata hasil belajar sebesar 0,031 (sig. (2 tailed) < 0,05) yang artinya Ha diterima dan uji Effect Size sebesar 0,53. Sedangkan pendekatan STEAM Project pada penelitian ini tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dikarenakan singkatnya pembelajaran yang dilakukan. Hal ini dibuktikan dengan uji t-test perbedaan dua rata-rata kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,109 (sig. (2 tailed) > 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: STEAM Project; ChemSketch; Makromolekul; Hasil Belajar; Berpikir Kreatif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:26
Last Modified: 16 Jul 2024 01:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22811

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics