Penerapan model pembelajaran ICARE berbasis inquiry terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi hidrolisis garam

Fatkhi, Sakina Elok Sabila (2023) Penerapan model pembelajaran ICARE berbasis inquiry terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi hidrolisis garam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076047_Sakina_Elok_Sabila_Fatkhi] Text (Skripsi_1908076047_Sakina_Elok_Sabila_Fatkhi)
Skripsi_1908076047_Sakina_Elok_Sabila_Fatkhi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Faktor kurangnya kreativitas guru kimia SMA Negeri 01 Godong dalam menerapkan pembelajaran aktif dan interaktif disebabkan guru kesulitan dalam memilih model yang tepat untuk pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran kimia berada pada jam terakhir membuat peserta didik kurang konsentrasi sehingga kesulitan memahami materi yang disampaikan guru salah satunya hidrolisis garam. Hal itu membuat hasil ulangan peserta didik banyak yang belum memenuhi KKM sekolah yaitu 70. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif antara peserta didik SMA Negeri 1 Godong yang menggunakan model ICARE berbasis inquiry dengan model konvensional pada materi hidrolisis garam setelah dikendalikan oleh kemampuan awal (pre test).
Penelitian ini menggunakan desain randomized pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling didapatkan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data-data penelitian dianalisis menggunakan analisis kovarian (anacova).
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara penerapan model pembelajaran ICARE berbasis inquiry dengan model konvensional setelah mengendalikan kemampuan awal (pre test) yang ditunjukkan dari nilai sig. 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha penelitian ini diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model ICARE berbasis inquiry dapat digunakan untuk membuat hasil belajar kognitif peserta didik lebih baik dibanding melalui pembelajaran model konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; ICARE; Pendekatan Inquiry; Hasil Belajar Kognitif; Hidrolisis Garam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:38
Last Modified: 16 Jul 2024 01:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22812

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics