Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar peserta didik pada materi hidrolisis garam

Zahro, Mawadatuz (2023) Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar peserta didik pada materi hidrolisis garam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076049_Mawadatuz_Zahro] Text (Skripsi_1908076049_Mawadatuz_Zahro)
Skripsi_1908076049_Mawadatuz_Zahro.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pembelajaran di MAN 1 Kota Semarang yang masih terbilang konvensional sehingga peserta didik kurang begitu memahami materi pelajaran yang disampaikan guru. Oleh karena itu peneliti menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan harapan pembelajaran lebih menarik dan bisa memahamkan siswa sehingga dapat tercapai hasil yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi Hidrolisis Garam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi-experimental design dengan metode nonequivalent control group design. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen soal tes (kemampuan berpikir kritis) dan observasi (aktivitas belajar). Penerapan PBL dalam proses pembelajaran dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis dan aktivitas peserta didik. Hal ini dibuktikan melalui analisis uji-t kemampuan berpikir kritis thitung = 8,071 > dan ttabel =. 2,021, disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen yang diterapkan menggunakan model PBL lebih efektif dari kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Sedangkan untuk aktivitas belajar thitung = 5,441 > ttabel = 2,021, disimpulkan bahwa aktivitas belajar peserta didik kelas eksperimen yang diterapkan menggunakan model PBL lebih efektif dari aktivitas belajar kelas kontrol yang diterapkan model konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Problem Based Learning (PBL); Berpikir kritis; Aktivitas belajar; Peserta didik; Hidrolisis garam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:30
Last Modified: 16 Jul 2024 02:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22813

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics