Pengembangan e-modul berbasis multiple intelligence pada materi kimia unsur

Laela, Rika Nur (2023) Pengembangan e-modul berbasis multiple intelligence pada materi kimia unsur. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076065_Rika_Nur_Laela] Text (Skripsi_1908076065_Rika_Nur_Laela)
Skripsi_1908076065_Rika_Nur_Laela.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Multiple Intelligence merupakan kecerdasan majemuk yang sudah menjadi fitrah dimiliki manusia. Peserta didik yang memiliki kemajemukan tipe kecerdasan berbeda-beda sudah sewajarnya difasilitasi agar perkembangan dan kemampuan memahami materi lebih maksimal. Materi kimia unsur memiliki materi yang kompleks dan pembendaharaan kata yang khusus, serta media pembelajaran yang belum memfasilitasi berbagai tipe kecerdasan yang dimiliki peserta didik menyebabkan peserta didik sulit memahami materi. Peserta didik yang tergolong dalam generasi digital, lebih menyukai segala media yang berkaitan dengan digital ataupun diakses secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-modul kimia pada materi kimia unsur berdasarkan prinsip multiple intelligence dengan menggunakan model pengembangan 4-D hingga tahap development (pengembangan). E-Modul divalidasi oleh 5 ahli media dan materi serta 6 ahli multiple intelligence dan dinyatakan valid. E-modul yang valid diujicobakan kepada 30 peserta didik kelas XII IPA SMAN 1 Sukorejo. Data hasil ujicoba dianalisis menggunakan rating scale. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran angket. Hasil analisis kevalidan e-modul pada aspek media dan multiple intelligence sebesar 0,87 dan aspek materi sebesar 0,89 yang artinya produk valid. Hasil ujicoba respon dari peserta didik sebesar 86% dengan kategori sangat baik. E-Modul bermanfaat untuk peserta didik dalam memahami materi karena berisi berbagai aspek yang mendukung multiple intelligence dan kegiatan yang disesuaikan dengan gaya belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-modul; Kimia unsur; Multiple intelligences
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:19
Last Modified: 16 Jul 2024 04:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22818

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics