Pengaruh model pembelajaran guided note taking terintegrasi unity of science terhadap literasi sains siswa pada materi asam dan basa

Anas, Irvan Khoiril (2023) Pengaruh model pembelajaran guided note taking terintegrasi unity of science terhadap literasi sains siswa pada materi asam dan basa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076078_Irvan_Khoiril_Anas] Text (Skripsi_1908076078_Irvan_Khoiril_Anas)
Skripsi_1908076078_Irvan_Khoiril_Anas.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Salah satu tantangan di bidang pendidikan Indonesia adalah meningkatkan literasi sains siswa. Hal ini karena literasi sains Indonesia tergolong rendah. Siswa yang memiliki literasi sains yang tinggi akan selalu bijak menyikapi fenomena atau perkembangan sains. Tawaran solusi yang bisa digunakan untuk meningkatkan literasi sains adalah penggunaan model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) yang terintegrasi Unity of Science (UoS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GNT terintegrasi UoS terhadap literasi sains siswa pada materi asam dan basa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan jenis quasi experiment dan desainnya nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 1 dan 2 SMA N 2 Semarang. Adapun instrumen yang dipakai berupa 10 soal esai seputar asam dan basa. Data dari penelitian ini dianalisis mengugunakan uji normalitas yang menunjukkan semua data normal, uji homogenitas yang menunjukkan semua data homogen, Uji t yang hasilnya pada pre test skornya 0,811 dan post test 0,02, dan N-gain yang menunjukkan skor kelas eksperimen 0,472 dan kelas kontrol 0,194. Berdasarkan analisis data tersebut diambil kesimpulan kedua kelas setelah diberikan perlakuan masing-masing memang mengalami peningkatan, tetapi peningkatan pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Guided Note Taking; Unity of Science; Literasi Sains; Asam basa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:01
Last Modified: 16 Jul 2024 07:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22821

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics