Inovasi media pembelajaran mobile learning bermuatan Sosio Saintific Issue (SSI) pada materi minyak bumi

Jacinda, Shafa Salsabila (2023) Inovasi media pembelajaran mobile learning bermuatan Sosio Saintific Issue (SSI) pada materi minyak bumi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076081_Shafa_Salsabila_Jacinda] Text (Skripsi_1908076081_Shafa_Salsabila_Jacinda)
Skripsi_1908076081_Shafa_Salsabila_Jacinda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh belum adanya media pembelajaran mobile learning bermuatan Socio Saintific Issue (SSI) sebagai penunjang proses pembelajaran di SMA N 8 Semarang. Tujuan penelitian ini menghasilkan media pembelajaran mobile learning bermuatan Socio Saintific Issue (SSI) pada materi minyak bumi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 di SMA N 8 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mobile learning bermuatan Socio Saintific Issue (SSI) mendapatkan kategori valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan kategori valid dengan nilai rata-rata validasi 0,82 dan kategori valid oleh ahli media dengan rata-rata validasi 0,84. Hasil respon peserta didik menunjukkan mobile learning mendapatkan kategori sangat layak dengan persentase kelayakan media sebesar 88%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Mobile Learning; Socio Saintific Issue (SSI); Minyak Bumi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:26
Last Modified: 16 Jul 2024 07:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22822

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics