Pengaruh partisipasi politik anggota DPR terhadap pilihan terpaan surat kabar : studi deskripsi-korelasi tentang perilaku partisipasi politik anggota FPPP, FKP, FPDI di DPRD Kab. Tk.II Tegal 1982/1987 dengan pilihan terpaan pelita, Suara Karya, Merdeka, dan Kompas, Sinar Harapan, Suara Merdeka

Yahya, Muchlis (1987) Pengaruh partisipasi politik anggota DPR terhadap pilihan terpaan surat kabar : studi deskripsi-korelasi tentang perilaku partisipasi politik anggota FPPP, FKP, FPDI di DPRD Kab. Tk.II Tegal 1982/1987 dengan pilihan terpaan pelita, Suara Karya, Merdeka, dan Kompas, Sinar Harapan, Suara Merdeka. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Sebelas Maret.

[thumbnail of PENGARUH PARTISIPASI POLITIK ANGGOTA DPR TERHADAP PILIHAN TERPAAN SURAT KABAR_Muchlis Yahya.pdf] Text
PENGARUH PARTISIPASI POLITIK ANGGOTA DPR TERHADAP PILIHAN TERPAAN SURAT KABAR_Muchlis Yahya.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisa perilaku partisipasi politik anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Tk II Tegal periode 1982/1987 dari Partai Persatuan Pembangunan, Golongan Karya dan Partai Demokrasi Indonesia atas pilihan bacaan surat kabar yang berbeda yang dianggap rujukan wajib/tetap (Pelita, Suara Karya, Merdeka) maupun tambahan/komplemen (Kompas, Sinar Harapan dan Suara Merdeka). Teori utama yang digunakan adalah Uses and Gratification. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metoda descripif-korelasional. Populasi/sampel sebanyak 34 (tiga puluh empat) anggota DPRD Kab. Tegal, masing-masing 13 orang dari unsur PPP, 16 orang unsur Golkar, dan 5 dari PDI. Data dianalisa dengan uji Rank Spearmen (rs). Hasil penelitian ini secara deskriptif menunjukkan bahwa sikap partisipasi politik anggota DPRD Kab Tk II Tegal periode 1982/1987 lebih cenderung bersikap konservatif-konvensional, lebih memposisikan sebagai elite politik daerah. Akan tetapi dalam konteks rujukan surat kabar, mereka tidak terpasung oleh ideologi surat kabar yang punya kesesuaian ideologis dengan organiasi politiknya. Oleh karenanya semua hipotesa korelasi ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government)
300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 324 The political process
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:35
Last Modified: 16 Jul 2024 07:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22823

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics