Komunikasi antarbudaya dalam menjaga harmonisasi hubungan umat beragama di Desa Curugsewu Kecamatan Patean Kabupaten Kendal

HIDAYAT, NUR ROHMAD (2024) Komunikasi antarbudaya dalam menjaga harmonisasi hubungan umat beragama di Desa Curugsewu Kecamatan Patean Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1601026161_NUR_ROHMAT_HIDAYAT_SKRIPSI] Text (1601026161_NUR_ROHMAT_HIDAYAT_SKRIPSI)
1601026161_NUR_ROHMAD_HIDAYAT-0.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi Antarbudaya dalam Menjaga Harmonisasi Umat Beragama di Desa Curugsewu Kecamatan Patean Kabupaten Kendal, Nur Rohmad Hidayat (1601026161) Komunikasi dan Penyiaran Islam, konsentrasi Televisi Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2023.
Perbedaan agama dalam satu lingkungan masyarakat biasanya sangat rawan terjadinya konflik. Namun hal ini tidak terjadi di Desa Curugsewu Kecamatan Patean Kabupaten Kendal. Penelitian ini adalah salah satu kajian ilmiah yang membahas tentang harmonisasi hubungan antar umat beragama di Desa Curugsewu Kecamatan Patean Kabupaten Kendal.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk mengetahui suatu fenomena melalui perilaku, persepsi, motivasi, dan tindakan yang dilakukan oleh subjek peneiliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi dimana pengumpulan data menggunakan metode waawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan secara etnografi ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung fenomena dan keadaan sosial yang terjadi pada masyarakat di Desa Curugsewu Kecamatan Patean Kabupaten Kendal.
Berdasarkan data penelitian, hasil penelitian ini menunjukan bahwa Komunikasi Antarbudaya dalam Menjaga Harmonisasi Hubungan Umat Beragama di Desa Curugsewu Kecamatan Patean Kabupaten Kendal berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antarbudaya; Etnografi; Harmonisasi; Desa Curugsewu
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Upload Mandiri
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:35
Last Modified: 19 Aug 2024 08:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22826

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics