Pengembangan e-modul melalui pendekatan SETS pada materi asam basa

Fitri, Risqi Aida (2023) Pengembangan e-modul melalui pendekatan SETS pada materi asam basa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076082_Risqi_Aida_Fitri] Text (Skripsi_1908076082_Risqi_Aida_Fitri)
Skripsi_1908076082_Risqi_Aida_Fitri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan proses belajar mengajar membutuhkan bahan ajar yang sesuai agar peserta didik memiliki pedoman dalam belajar. Sumber belajar di SMA N 9 Semarang menggunakan power point, sehingga peserta didik tidak dapat memahami konsep secara mendalam. Selain itu, pembelajaran di SMA N 9 Semarang juga belum kontekstual. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan bahan ajar berupa e-modul melalui pendekatan SETS. Pengembangan ini perlu dilakukan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, dan respon peserta didik terhadap e-modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define, design, develop, and disseminate. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap develop atau pengembangan karena keterbatasan waktu. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA N 9 Semarang sebanyak 12. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa e-modul memiliki karakteristik user friendly, self instructional, dan terdapat pendekatan SETS. Selain itu, e-modul dikatakan sangat valid dengan persentase validasi ahli materi sebesar 83,8% dan ahli media sebesar 86,6% serta hasil angket respon peserta didik menunjukkan bahwa e-modul pendekatan SETS memperoleh skor rata-rata sebanyak 68,6 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian bahwasannya e-modul pendekatan SETS layak untuk digunakan dan perlu diuji lebih lanjut pada skala besar untuk mengetahui keefektifannya dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; E-modul; Pendekatan SETS; Asam basa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 17 Jul 2024 08:40
Last Modified: 17 Jul 2024 08:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22849

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics