Pengembangan smart laboratory berbasis web menggunakan indikator bahan-bahan lokal pada materi titrasi asam basa

Kibtiah, Melisa Nur (2023) Pengembangan smart laboratory berbasis web menggunakan indikator bahan-bahan lokal pada materi titrasi asam basa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076077_Melisa_Nur_Kibtiah] Text (Skripsi_1908076077_Melisa_Nur_Kibtiah)
Skripsi_1908076077_Melisa_Nur_Kibtiah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Media merupakan salah satu hal yang penting dalam pembelajaran. Perkembangan teknologi yang semakin canggih menuntut guru untuk berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran. Media pembelajaran yang menarik tentu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan smart laboratory berbasis web menggunakan indikator bahan-bahan lokal pada materi titrasi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Design and Development (D&D). Kajian penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap smart laboratory berbasis web menggunakan indikator bahan-bahan lokal pada materi titrasi asam basa. Hasil validasi dianalisis menggunakan software minifac. Secara keseluruhan media tergolong valid dengan kualitas baik dinyatakan berdasarkan nilai variance explained by rasch measure 40,99%. Adapun hasil uji coba skala kecil mendapatkan respon yang baik dari siswa dengan persentase kualitas secara keseluruhan 81,9%. Berdasarkan hasil validasi dan respon siswa, maka smart laboratory berbasis web hasil pengembangan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Smart Laboratory; Web; Titrasi Asam Basa; Bahan-bahan lokal
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 17 Jul 2024 09:50
Last Modified: 17 Jul 2024 09:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22851

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics