Uji toksisitas fraksi n- heksana, etil asetat, dan etanol-air daun kersen (muntingia calabura) dengan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT)

Rachman, Elfanny Aulia (2022) Uji toksisitas fraksi n- heksana, etil asetat, dan etanol-air daun kersen (muntingia calabura) dengan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608036026_Elfanny_Aulia_Rachman] Text (Skripsi_1608036026_Elfanny_Aulia_Rachman)
Skripsi_1608036026_Elfanny_Aulia_Rachman.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kersen (Muntingia calabura) adalah tanaman yang memiliki potensi sebagai bahan obat. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa kandungan fitokimia dan uji toksisitas pada masing-masing fraksi daun kersen. Ekstraksi dilakukan dengan metode maserasi dengan etanol sebagai pelarut yang selanjutnya difraksinasi dengan pelarut n-heksana, etil asetat dan etanol-air. Uji toksisitas dilakukan dengan menggunakan metode BSLT (Brine Shrimp Lethality Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun kersen mempunyai rendemen 14,5%, fraksi n-heksana 3,8%, etil asetat 2,1%, dan etanol-air 6,2%. Uji fitokimia daun kersen fraksi n-heksana memiliki kandungan senyawa triterpenoid. Pada fraksi etil asetat terdapat kandungan flavonoid dan tanin. Sedangkan pada fraksi etanol-air terdapat kandungan senyawa paling banyak yaitu alkaloid, flavonoid, saponin, dan tanin. Uji toksisitas dilakukan dengan memasukkan larva udang Artemia salina Leach ke dalam larutan uji dengan masing-masing konsentrasi larutan yang berbeda. Nilai LC50 dihitung berdasarkan persen kematian larva udang menggunakan analisis probit. Hasil perhitungan LC50 ekstrak daun kersen pada fraksi n-heksana sebesar 437,6 ppm, fraksi etil asetat sebesar 401,9 ppm dan fraksi etanol-air sebesar 369,8 ppm. Hasil perhitungan LC50 pada penelitian ini menunjukkan bahwa fraksi etanol-air daun kersen memiliki tingkat toksisitas paling tinggi diantara fraksi etil asetat dan n-heksana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Daun Kersen (Muntingia calabura); Fraksinasi; Fitokimia; BSLT (Brine Shrimp Lethality Test)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
500 Natural sciences and mathematics > 580 Plants > 581 Specific topics in natural history of plants
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 47201 - Kimia
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 19 Jul 2024 10:32
Last Modified: 19 Jul 2024 10:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22870

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics