Analisis fitokimia dan uji aktivitas antioksidan ekstrak etanol kulit batang alpukat mentega (Persea americana Mill)

Chusnah, Hudallil (2023) Analisis fitokimia dan uji aktivitas antioksidan ekstrak etanol kulit batang alpukat mentega (Persea americana Mill). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908036050_Hudallil_Chusnah] Text (Skripsi_1908036050_Hudallil_Chusnah)
Skripsi_1908036050_Hudallil_Chusnah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Aktivitas fisik yang kurang, produk makanan cepat saji, stress yang meningkat karena adanya tuntutan kerja adalah resiko yang menyebabkan perubahan pada tubuh yang tidak disadari dapat memicu timbulnya penyakit degeneratif. Munculnya penyakit degeneratif dapat disebabkan oleh adanya radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan membunuh sel-sel dalam tubuh. Penyakit degeneratif yang muncul akibat adanya radikal bebas dapat diatasi oleh antioksidan. Riset ini bertujuan untuk mengetahui persen rendemen, mengetahui senyawa metabolit sekunder, dan menentukan nilai IC50 aktivitas antioksidan kulit batang alpukat mentega (Persea americana Mill). Proses ekstraksi kulit batang alpukat mentega menggunakan metode maserasi. Hasil ekstraksi diperoleh rendemen sebanyak 36,6321 %. Kandungan metabolit sekunder di dalam kulit batang alpukat mentega yaitu flavonoid, tanin, saponin, dan alkaloid. Selanjutnya dilakukan uji aktivitas antioksidan menggunakan metode DPPH (2,2-diphenyl-1-picryhidrazil). Hasil uji menunjukkan bahwa ekstrak etanol kulit batang alpukat mentega memiliki nilai IC50 137,81 ppm yang tergolong ke dalam bahan alam dengan kategori aktivitas antioksidan sedang, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sumber antioksidan alami.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persea americana Mill; Analisis Fitokimia; Antioksidan; Metabolit Sekunder; Antioksidan; Ekstrak etanol; Kulit batang; Alpukat mentega
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 547 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 47201 - Kimia
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 22 Jul 2024 09:07
Last Modified: 22 Jul 2024 09:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22891

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics