Retorika dakwah dalam film "Layla Majnun" karya Monty Tiwa

ANNISA, LUDIA NUR (2024) Retorika dakwah dalam film "Layla Majnun" karya Monty Tiwa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701026062_LUDIA_NUR_ANNISA-0.pdf] Text
1701026062_LUDIA_NUR_ANNISA-0.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Ludia Nur Annisa 1701026062. Retorika Dakwah dalam Film Layla Majnun Karya Monty Tiwa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya seniman yang menggunakan retorika dalam pembuatan filmnya belakangan ini dan kebanyakan mereka berhasil memengaruhi pendirian para penonton atau mendorong penonton untuk melakukan hal-hal yang dilakukan pemeran film, sebab pesan-pesan yang terkandung dalam film langsung tersampaikan lewat adegan yang digambarkan serta dialog antar tokohnya dengan adanya ilmu retorika. Masyarakat Indonesia cenderung menikmati dakwah yang diselingi dengan hiburan. Pemanfaatan retorika dakwah dalam film tentu dapat dijadikan sebagai salah satu aktivitas yang menarik yang didalamnya dikandung pesan yang ingin disampaikan penulis naskah. Film Layla Majnun merupakan sebuah karya film layar lebar yang mengandung banyak pesan yang ingin disampaikan pada penonton dan memanfaatkan ilmu retorika dalam dialog antar tokohnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk retorika dakwah dalam film “Layla Majnun“ karya Monty Tiwa serta mengetahui penerapan elemen-elemen retorika dakwah dalam film tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dari video, artikel, gambar-gambar pendukung, dan buku yang berkaitan erat dengan penelitian, serta memilih isi percakapan dalam film “Layla Majnun” yang berhubungan dengan fokus kajian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan analisis isi (content analysis) sebagai teknik analisis data.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dalam filmnya ditemukan elemen retorika Logos (penalaran logis), Pathos yang berarti penggugah emosi manusia, dan Ethos (karakter/kebaikan manusia). Selain itu, ditemukan pula elemen retorika lainnya yaitu bahasa sebagai alat komunikasi paling penting, dimana bahasa dalam film Layla Majnun dikembangkan sehingga membentuk kalimat terstruktur dan mengandung makna yang jelas. Data sampel yang diperoleh teridentifikasi sebagai aspek retorika topik tutur berupa tindakan dan aspek topik tutur berupa ungkapan yang menggunakan bahasa sehari-hari dimana saat berkomunikasi pemeran film mengungkapkan sesuatu berupa ungkapan diri, pikiran, pencetusan ide, perasaan, kemauan, cita, dan imajinasi menggunakan kalimat yang efektif. Topik tutur yang terdapat dalam film dipilih bersasarkan dari ungkapan-ungkapan tokohnya sehingga dialog yang keluar dapat mengesankan dan memikat penontonnya dengan tujuan pesan tersirat maupun tersurat dalam film tersebut tersampaikan dan diterima dengan baik oleh penonton.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bentuk Retorika Dakwah; Elemen Retorika Dakwah; Film Layla Majnun
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Upload Mandiri
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:29
Last Modified: 19 Sep 2024 08:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22894

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics