Rancang bangun program waktu salat menggunakan software Matlab

Karim, Moh Fadllur Rohman (2021) Rancang bangun program waktu salat menggunakan software Matlab. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702046098_Moh_Fadllur_Rohman_Karim] Text (Skripsi_1702046098_Moh_Fadllur_Rohman_Karim)
Skripsi_1702046098_Moh_Fadllur_Rohman_Karim.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Ilmu Falak saat ini mengalami perubahan yang signifikan utamanya dalam hal perhitungan. Tidak hanya pada hitung manual menggunakan kalkulator (calculator scientific), tetapi sudah menjamah dalam program-program komputer dan aplikasi smartphone. Namun beberapa aplikasi tidak menggunakan data perhitungan yang jelas dan mendapatkan perbedaan hasil. Salah satu software yang dapat mengoreksi perhitungan secara akurat yaitu software Matlab.
Berdasarkan permasalahan di atas penulis berinisiatif merancang program waktu salat menggunakan software Matlab. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yakni bagaimana perancangan aplikasi program waktu salat menggunakan software Matlab? Seberapa besar akurasi aplikasi program waktu salat menggunakan software Matlab?
Penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah jenis penelitian research and development menggunakan model waterfall model.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah perancangan aplikasi menggunakan waterfall model dengan empat tahap yakni pertama analisis data yang dibutuhkan dalam hisab waktu salat dan software Matlab, kedua mendesain aplikasi, ketiga men-coding ke dalam bahasa Matlab dan keempat menguji coba aplikasi. Adapun hasil uji akurasi perhitungan waktu salat aplikasi IslamicAstro Time ini akurat, dengan selisih satu sampai dua menit dari website Bimas Islam karena perbedaan rumus yang dipakai dan ikhtiyat yang digunakan. Selain hasil perhitungan juga terdapat keterbatasan fitur dan terdapat limitasi perhitungan waktu salat tertentu tidak mengeluarkan hasil karena pengaruh lintang ekstrem. Oleh sebab itu hasil perhitungan aplikasi ini dapat digunakan sebagai sumber informasi awal waktu salat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Waktu salat; Matlab; Islamic astro time
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 005 Computer programming, programs, data
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:08
Last Modified: 25 Jul 2024 01:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22916

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics