Pengaruh penerapan metode Learning Start with a Question (LSQ) terhadap kemampuan berpikir kritis mapel akidah akhlak peserta didik kelas IV MI Walisongo Semarang

Fitri, Fitri (2023) Pengaruh penerapan metode Learning Start with a Question (LSQ) terhadap kemampuan berpikir kritis mapel akidah akhlak peserta didik kelas IV MI Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096004_Fitri] Text (Skripsi_1903096004_Fitri)
Skripsi_1903096004_Fitri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa disebabkan oleh faktor kepasifan peserta didik dan pemilihan strategi yang kurang baik, sehingga berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik. Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan metode Learning Start With A Question yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan metode Learning Start With A Question terhadap kemampuan berpikir kritis mapel akidah akhlak peserta didik kelas IV MI Walisongo Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-Exsperimental Design dengan rancangan One Group Pretest Posttest Design. Sample dalam penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 23 siswa. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan analisis akhir menggunakan uji-t (Paired simple t-test).
Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai rata-rata pretest 57,652 sedangkan nilai rata-rata posttest 77,304, kemudian berdasarkan uji-t (Paired simple t-test) diperoleh hasil = 0,000. < 0,05, maka disimpulkan bahwa nilai hipotesis (HO) pada penelitian ini ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima karena berdasarkan taraf signifikansi diperoleh hasil 0,000. < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Learning Start With A Question berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Learning start with a question; Kemampuan berpikir kritis; Akidah akhlak; Siswa MI
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:33
Last Modified: 29 Jul 2024 09:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22935

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics