Pengembangan media pembelajaran amplop misteri tema 6 cita-citaku guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI Raudlatul Atfal Nongkosawit Semarang

Afni, Itsna Nur (2023) Pengembangan media pembelajaran amplop misteri tema 6 cita-citaku guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI Raudlatul Atfal Nongkosawit Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096037_Itsna_Nur_Afni] Text (Skripsi_1903096037_Itsna_Nur_Afni)
Skripsi_1903096037_Itsna_Nur_Afni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) menghasilkan suatu produk media pembelajaran amplop misteri tema 6 cita-citaku yang efektif guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI Raudlatul Atfal Nongkosawit Semarang; 2) mengetahui efektivitas media pembelajaran amplop misteri tema 6 cita-citaku guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI Raudlatul Atfal Nongkosawit Semarang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mix metode berupa Research and Development (R&D) dan eksperimen dengan menggunakan model 4-D Thiagarajan. Namun penelitian hanya dilakukan sampai tahap ketiga yaitu define, design, dan develop. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah one groups pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran amplop misteri tema 6 cita-citaku guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Kualitas media pembelajaran amplop misteri berdasarkan hasil penilaian oleh ahli materi tergolong kategori “Sangat Layak” dengan persentase 97,5%. Sedangkan menurut ahli media tergolong kategori “Sangat Layak” dengan persentase 84%. Serta pada saat uji coba pengembangan oleh siswa tergolong kategori Layak dengan persentase 71%.
Selain itu, berdasarkan hasil uji N-gain diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 54,74 kemudian hasil belajar tersebut meningkat pada nilai posttest siswa dengan rata-rata sebesar 77,63. Sedangkan diperoleh skor N-gain sebesar 0,523 dan diperoleh skor persen N-gain sebesar 52,287. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran amplop misteri tema 6 cita-citaku kurang efektif dengan kategori sedang guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Model 4-D; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:46
Last Modified: 29 Jul 2024 09:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22943

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics