Implementasi peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses dalam manajemen pembelajaran PAI di SMP Islam Al-Azhar 14 Semarang
Zulaekha, Armi (2011) Implementasi peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses dalam manajemen pembelajaran PAI di SMP Islam Al-Azhar 14 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73311012_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
73311012_bab1.pdf - Accepted Version
Download (43kB) | Preview
73311012_bab2.pdf - Accepted Version
Download (128kB) | Preview
73311012_bab3.pdf - Accepted Version
Download (25kB) | Preview
73311012_bab4.pdf - Accepted Version
Download (108kB) | Preview
73311012_bab5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
73311012_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas implementasi Permendiknas nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses dalam manajemen pembelajaran PAI di SMP Islam Al-Azhar 14 Semarang, yang dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dilakukan guru masih sebatas sebagai proses penyampaian pengetahuan. Pada kenyataannya tidak semua guru mempunyai keterampilan dalam memilih strategi pembelajaran, hal itu disebabkan oleh 1) Kurangnya kesadaran guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran 2) Latarbelakang pendidikan guru 3) Guru dalam mengajarkan materi tidak didasarkan pada persiapan materi, hanya mengandalkan materi saja.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pelaksanaan manajemen pembelajaran PAI? (2) Bagaimana efektivitas manajemen pembelajaran PAI dalam Permendiknas nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMP Islam Al-Azhar 14 Semarang. Metode yang digunakan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) manajemen pembelajaran PAI memiliki komponen diantaranya dalam tahap perencanaan ketika awal pembelajaran guru mentargetkan materi PAI yang harus dikuasai oleh peserta didik berupa perilaku-perilaku yang sesuai dengan materi itu dengan tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Dalam tahap pelaksanaan, guru harus mencari metode yang dapat membuat peserta didik menjadi lebih menyenangkan.
Tahap Penilaian menggunakan tes tertulis, tes perbuatan dan tes penugasan. Sedangkan pengawasan proses pembelajaran menggunakan beberapa tahap diantaranya: pengawasan pada perencanaan, pengawasan pada proses pembelajaran, supervisi dan evaluasi. (2) di SMP Al-Azhar dalam proses pembelajaran sudah mengacu pada permendiknas nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses dalam hal perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil proses pembelajaran dan pengawasan proses pembelajaran. Maka dapat dikatakan bahwa ketercapaian Permen Diknas No. 41 tentang standar proses secara keseluruhan telah dilaksanakan dengan efektif.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para kepala sekolah, tenaga pengajar dalam melaksanakan pembelajaran kepada peserta didiknya agar senantiasa meningkatkan proses belajar mengajar sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peraturan Menteri; Manajemen Pembelajaran; Standar Proses Pendidikan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 27 Jun 2014 05:44 |
Last Modified: | 27 Jun 2014 05:44 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2295 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year