Perbandingan karakteristik struktur trikoma daun muda dan dewasa tumbuhan sacha inchi (plukenetia volubilis l.) di Seameo, Biotrop, Bogor

Nadifa, Aulia (2023) Perbandingan karakteristik struktur trikoma daun muda dan dewasa tumbuhan sacha inchi (plukenetia volubilis l.) di Seameo, Biotrop, Bogor. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1908016004_AULIA_NADIFA] Text (SKRIPSI_1908016004_AULIA_NADIFA)
1908016004_AULIA NADIFA_FULL SKRIPSI - Aulia Nadifa.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

SachaWinchi (PlukenetiaJvolubilis L.) merupakanRtanaman yangQtermasuk ke dalamIfamili Euphorbiaceae penghasil biji-bijian, yang berasal dari hutan Amazon, Peru. Daun sacha inchi merupakan sumber terpenoid, saponin, senyawa fenolik (flavonoid). Kandungan kimia pada daun biasanya diproduksi dan didapatkan dari salah satu bagian yaitu trikoma. Penelitian mengenai sacha inchi telah dilakukan diberbagai bidang seperti kandungan kimia dan nutrisi pada daun dan biji sacha inchi. Penelitian mengenai trikoma pada daun sacha inchi belum pernah dilakukan. PenelitianPiniWbertujuanDuntuk mendeskripsikan struktur?morfologi2danEanatomi trikoma serta menganalisis perbedaan kerapatan trikoma pada daun muda2danSdaunRdewasa tanaman sacha inchi. Pengamatan trikoma sacha inchi diamati menggunakan FieldoEmission ScanningoElectronLMicroscopeK(FE-SEM)WQuattro STThermo ScientificGdengan parameter yang diobservasi yaitu tipe, ukuran, serta kerapatan trikoma daun muda dan dewasa sacha inchi. Daun muda dan dewasa sacha inchi memiliki tipe trikoma yang sama, yaitu trikoma nonFglandularSberbentuk rambut sederhanaHmenyerupai jarum. Trikoma daun muda memiliki ukuran yang lebih besar (± 285 – 200 m) dibandingan dengan trikoma daun dewasa sacha inchi (± 18 – 75 m). Trikoma daun dewasa sacha inchi memiliki kerapatan trikoma yang lebih tinggi (± 259,3 – 376,8 mm2) dari trikoma daun muda sacha inchi (± 18,5 – 33,3 mm2).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sacha Inchi; Scanning Electron Microscopy (SEM); Trikoma.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 27 Jul 2024 01:57
Last Modified: 27 Jul 2024 01:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22950

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics