Kajian etnobotani zingiberaceae yang dimanfaatkan sebagai obat oleh masyarakat Desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah

Azkiya, Nafrida Noor (2023) Kajian etnobotani zingiberaceae yang dimanfaatkan sebagai obat oleh masyarakat Desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1908016010_NAFRIDA_NOOR_AZKIYA] Text (SKRIPSI_1908016010_NAFRIDA_NOOR_AZKIYA)
1908016010_Nafrida Noor Azkiya_Lengkap Tugas Akhir - Nafrida Noor.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Famili Zingiberaceae merupakan salah satu tumbuhan yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Desa Kalirejo, salah satu pemanfaatannya dijadikan sebagai obat. Namun, belum ada data etnobotani mengenai famili Zingiberaceae yang dimanfaatkan sebagai obat oleh masyarakat Desa Kalirejo, sehingga penelitian tersebut perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui spesies dari famili Zingiberaceae yang dimanfaatkan, cara pengolahan, serta pemanfaatan famili Zingiberaceae sebagai obat pada masyarakat Desa Kalirejo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif dari hasil observasi, dan wawancara semi terstruktur dengan pemilihan informan secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 10 spesies famili Zingiberaceae yang dimanfaatkan sebagai obat oleh masyarakat Desa Kalirejo, yaitu: jahe emprit, jahe gajah, kapulaga, kencur, kunyit, kunyit putih, lengkuas, temulawak, temu hitam, dan temu kunci. Cara pengolahan famili Zingiberaceae oleh masyarakat Desa Kalirejo adalah dengan cara: dihaluskan 40%, direbus 30%, dibakar 15% digeprek 10%, dan dikunyah 5%. Tumbuhan famili Zingiberaceae dimanfaatkan sebagai obat pereda mual, masuk angin, batuk, flu, perut kembung, radang tenggorokan, bau mulut, gigi berlubang, sariawan, penurun demam, pegel linu, masalah pencernaan, dan masalah pada kulit seperti panu oleh masyarakat Desa Kalirejo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Desa Kalirejo; Etnobotani; Tumbuhan Famili Zingiberaceae.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 27 Jul 2024 02:39
Last Modified: 27 Jul 2024 02:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22955

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics