Kajian kualitas bakteriologis air minum isi ulang di Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang dengan menggunakan metode membran filter

Mumtazah, Alifiyah (2023) Kajian kualitas bakteriologis air minum isi ulang di Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang dengan menggunakan metode membran filter. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1908016017_ALFIYAH_MUMTAZAH] Text (SKRIPSI_1908016017_ALFIYAH_MUMTAZAH)
1908016017_Alifiyah Mumtazah_Full Skripsi - Alifiyah Mumtazah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Banyak hasil produksi air minum yang dapat dikonsumsi masyarakat. Pada era modern ini, masyarakat lebih memilih air minum isi ulang karena lebih efisien, namun air minum isi ulang masih dikhawatirkan mengandung bakteri Coliform dan E. coli. Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang termasuk salah satu kecamatan yang memiliki presentase akses air minum yang layak terendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas bakteriologis air minum isi ulang yang ada di Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Sampel diuji menggunakan metode membran filter sejumlah 8 sampel air minum isi ulang. Hasil uji membran filter menunjukkan bahwa D.1, D.2, D.3, D.5, D.6, D.7, dan D.8 mengandung bakteri E. coli dan tidak layak untuk dikonsumsi karena telah melebihi kadar maksimum bakteri E. coli yaitu 0 CFU per 100 mL air, sedangkan D.4 menunjukkan hasil negatif bakteri. Faktor-faktor yang dapat memengaruhi kualitas bakteriologis air minum isi ulang yaitu dari segi higienitas dan sanitasi depot serta keoptimalan metode desinfeksi yang digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Air minum isi ulang; bakteriologis; Coliform; E. coli; membran filter
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 27 Jul 2024 03:35
Last Modified: 27 Jul 2024 03:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22961

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics