Etika kritik di media sosial perspektif komunikasi Islam : studi kasus komentar berita politik di Instagram @tempodotco

Azizah, Faricha (2023) Etika kritik di media sosial perspektif komunikasi Islam : studi kasus komentar berita politik di Instagram @tempodotco. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701026117_FARICHA_AZIZAH] Text (SKRIPSI_1701026117_FARICHA_AZIZAH)
faricha azizah_1701026117_lengkap TA (2) - FARICHA AZIZAH UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Menyampaikan kritik kepada seseorang di media sosial merupakan suatu yang umum. Berita politik menjadi salah satu berita yang memiliki banyak komentar kritik. Karena peristiwa politik berkaitan dengan proses atau kegiatan yang bersangkutan dengan masyarakat dan pemerintah. Diantara banyaknya berita politik, berita Pilpres menjadi salah satu berita yang menuai bermacam tanggapan dari pembaca. Baik sekedar menanggapi atau kritik konstruktif (kritik yang membangun) maupun kritik destruktif (kritik yang menjatuhkan). Tahun ini pemerintahan Indonesia mendekati tahun pemilihan presiden yang menjadikan media dan portal berita menyajikan berita Pilpres. Tak jarang penyampaian kritik di media sosial yang seenaknya sendiri, tidak mengedepankan etika dan sopan santun.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis isi. Bertujuan untuk menganalisis etika mengkritik dalam kolom komentar pemberitaan politik, yang bersangkutan dengan pemilihan presiden di media Instagram @tempodotco pada periode 1 Juni hingga 15 Juli 2022. Terdapat 20 sampel komentar kritik yang diambil dari dua berita pilpres. Kemudian komentar kritik tersebut diperspektifkan menggunakan komunikasi Islam. Hasil dari penelitian ini adalah etika komentar kritik pada kolom komentar instagram @tempodotco terdapat enam kritik yang sesuai dan lima kritik yang tidak sesuai dengan Qaulan Balighan. Tiga kritik yang sesuai dan lima kritik yang tidak sesuai Qaulan Kariman. Sembilan kritik yang sesuai dan satu yang tidak sesuai Qaulan Maysuran. Sembilan kritik yang sesuai dan satu kritik yang tidak sesuai Qaulan Ma’rufan. Empat kritik yang sesuai dan enam kritik yang tidak sesuai Qaulan Layyinan. Tujuh kritik yang sesuai dan satu kritik yang tidak sesuai Qaulan Sadidan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika Kritik; Media Sosial; Komunikasi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:08
Last Modified: 31 Jul 2024 08:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22991

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics