Representasi birrul walidain melalui komunikasi verbal dan nonverbal dalam web series Ustad Milenial episode 1-3

Widayati, Rohmatin (2023) Representasi birrul walidain melalui komunikasi verbal dan nonverbal dalam web series Ustad Milenial episode 1-3. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1701026154_ROHMATIN_WIDAYATI] Text (SKRIPSI_1701026154_ROHMATIN_WIDAYATI)
1701026154_Rohmatin Widayati_Lengkap Tugas Akhir - rohmatin widayati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Berbagai insiden buruk terjadi, di mana seorang anak membentak orang tua, memukul orang tua, bahkan membunuh orang tuanya sendiri. Fenomena tersebut tidak layak dilihat dari perspektif Islam. Perlu adanya tuntunan dan pemahaman bagi sang anak supaya mengamalkan birrul walidain, salah satunya menggunakan web series. Web series yang menggambarkan sikap birrul walidain yaitu web series “Ustad Milenial”. Web series Ustad Milenial merupakan garapan dari Imagine Picture yang disutradarai oleh Hestu Saputra dan Hanung Bramantyo sebagai creative supervisor. Penggambaran birrul walidain menggunakan cara yang tepat sehingga dapat diterima dengan baik. Dengan hal ini, peneliti merumuskan masalah: bagaimana representasi birrul walidain melalui komunikasi verbal dan nonverbal dalam web series Ustad Milenial Episode 1-3?.
Peneliti bertujuan menemukan dan mendeskripsikan representasi birrul walidain melalui komunikasi verbal dan nonverbal dalam web series Ustad Milenial. Metode yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari video web series Ustad Milenial episode 1-3. Teknik analisis data menggunakan analisis isi menurut Krippendorf. Unit analisis yang akan diolah adalah dengan menganalisis representasi pada web series Ustad Milenial yang mengandung birrul walidain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam web series Ustad Milenial episode 1-3 terdapat representasi birrul walidain meliputi komunikasi verbal dan nonverbal yang digambarkan oleh tokoh Ahmad, Aisyah, Khadijah, dan Ibrahim. Terdapat empat bentuk birrul walidain yaitu menghormati orang tua, membantu orang tua secara fisik maupun materil, melakukan keinginan dan saran orang tua dan mendoakan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Representasi; Birrul walidain; Komunikasi verbal; Nonverbal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 03 Aug 2024 02:23
Last Modified: 03 Aug 2024 02:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23006

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics