Pengaruh gaya belajar dengan pendekatan keterampilan proses terhadap pemahaman konsep IPA kelas IV MI Muallimin Widodaren
Nurmeineni, Rohmah (2023) Pengaruh gaya belajar dengan pendekatan keterampilan proses terhadap pemahaman konsep IPA kelas IV MI Muallimin Widodaren. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1903096079_Rohmah_Nurmeineni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pengaruh gaya belajar terhadap pemahaman peserta didik dalam materi IPA pada sifat-sifat cahaya di kelas IV MI Muallimin Widodaren. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan dua kali pengujian yaitu uji data awal dan uji data akhir. Uji data awal menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji persamaan rata-rata. Kemudian pada uji data akhir menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata, uji pengaruh dua variabel dan uji koefisien determinasi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu data berdistribusi normal menggunakan rumus chi kuadrat 0,042 < 0,05, dengan uji homogenitas diperoleh hasil homogen. Perbedaan rata-rata yang diperoleh pada kelas ekperimen melalui gaya belajar peserta didik yaitu visual dengan rata-rata 85, auditori 85, 71 dam kinestetik 86,25 yang artinya setiap peserta didik mempunyai gaya belajar yang berbeda namun signifikasi pemahman yang diperoleh jika pembelajaran disesuaikan dengan gaya belajarnya terdapat signifikasi yang tidak jauh berbeda. Kemudian terdapat pengaruh pembelajaran melalui gaya belajar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan uji pengaruh dua variabel menggunakan korelasi biserial yang memberi pengaruh positif dengan interpretasi 0,901 tergolong sangat kuat sehingga berdasarkan koefisien determinasi terdapat pengaruh pembelajaran 81%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya belajar; Keterampilan proses; Pemahaman konsep; Pembelajaran IPA |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Alifanisaa Hanugra Yuriesandra |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 08:19 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 08:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23015 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year