Tanggung jawab pembeli atas wanprestasi pada transaksi jual beli online dengan metode pembayaran cash on delivery pada marketplace shopee

Yuliana, Titi (2023) Tanggung jawab pembeli atas wanprestasi pada transaksi jual beli online dengan metode pembayaran cash on delivery pada marketplace shopee. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602056071_TITI_YULIANA] Text (SKRIPSI_1602056071_TITI_YULIANA)
1602056071_TITI YULIANA_LENGKAP TUGAS AKHIR PDF - Titi yuliana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Jual beli online memudahkan bagi sebagian masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli tanpa bertemunya penjual dan pembeli secara langsung, cukup menggunakan aplikasi yang tersedia. Selain kemudahan yang didapat, jual beli online juga memunculkan berbagai permasalahan seperti halnya wanprestasi yang dilakukan pembeli pada proses transaksi jual beli online metode pembayaran Cash On Delivery (COD) seperti terjadinya pembatalan ketika barang sudah mulai dikirimkan atau sudah sampai di tempat pembeli. Dalam kasus tersebut konsumen telah melanggar hak dari pelaku usaha sebagaimana terdapat dalam Pasal 6 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, yaitu hak untuk menerima pembayaran yang sesuai dengan kesepakatan mengenai kondisi dan nilai tukar barang dan/atau jasa yang diperdagangkan.
Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah tersebut adalah metode penelitian hukum normatif empiris yang merupakan gabungan dari penelitian normatif dan penelitian empiris. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan perjanjian jual beli online dapat dilakukan sepanjang telah memenuhi syarat sahnya suatu perjanjian sebagaimana pada Pasal 1320 KUH Perdata. Tanggung jawab atas kerugian yang diterima oleh konsumen dalam transaksi jual beli online metode pembayaran Cash On Delivery (COD) dalam hal ini telah diberikan oleh pihak pelaku usaha berdasarka Pasal 19 UUPK. Namun sebaliknya tanggung jawab konsumen terhadap pelaku usaha yang melakukan pembatalan sepihak belum diatur secara khusus dalam peraturan perundang-undangan. Akibat hukum jika terjadi wanprestasi dalam perjanjian jual beli yaitu berupa pembatalan perjanjian jual beli menurut Pasal 1266 KUH Perdata. Selain itu apabila pembeli melakukan wanprestasi dalam jual beli online akun yang digunakan oleh pembeli akun akan terblokir dan tidak bisa digunakan untuk transaksi sesuai jangka waktu yang telah ditentukan oleh pihak marketplac dalam hal ini yaitu pihak Shopee.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Hukum; wanprestasi; Jual Beli Online
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 29 Jul 2024 07:48
Last Modified: 29 Jul 2024 07:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23029

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics