Komunikasi persuasif pada tayangan film animasi Nussa dan Rarra dalam chanel Youtube Nussa Offical

Hidayat, Manarul (2023) Komunikasi persuasif pada tayangan film animasi Nussa dan Rarra dalam chanel Youtube Nussa Offical. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801026096_MANARUL_HIDAYAT] Text (Skripsi_1801026096_MANARUL_HIDAYAT)
1801026096_Manarul Hidayat_Full Skripsi - Manarul Hidayat UIN Walisongo.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (974kB)

Abstract

Komunikasi persuasif merupakan komunikasi yang bertujuan sebagai perantara pembicaraan yang bersifat menguatkan, memberikan ilustrasi, dan informasi kepada publik. Meskipun demikian, alasan utama dari komunikasi persuasif yaitu untuk memperkuat atau mengubah sikap dan perilaku. Komunikasi persuasif tidak hanya digunakan secara lisan, tetapi juga dapat digunakan dengan media modern saat ini, salah satunya adalah media sosial Youtube. Channel Youtube yang memiliki tayangan film animasi salah satunya adalah Nussa Official. Dalam serial Nussa Oficial dengan tokoh utama Nussa, seorang anak kecil penyandang disabilitas, yang memiliki adik bernama Rarra dan Umma yang selalu mendidik dan memberikan pesan-pesan positif kepada anak-anaknya dengan bahasa yang ringan. Pesan yang disampaikan juga bersifat persuasif (membujuk). Pada penelitian ini, penulis merumuskan masalah: Bagaimana teknik komunikasi persuasif pada tayangan film animasi Nussa dan Rarra dalam Channel Youtube Nussa Official?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis teknik komunikasi persuasif yang digunakan dalam film animasi Nusa dan Rarra di Channel Youtube Nussa Official. Pendekatan kualitatif digunakan untuk metode ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi meliputi gambar dan teks pada Channel Youtube Nussa Official. Sumber informasi atau data pada penelitian ini adalah video yang terdapat pada film animasi Nussa dan Rarra.
Berdasarkan data yang telah diteliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa program Nussa Official memiliki lima teknik komunikasi persuasif, yaitu: teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik pay-off atau fear arrausing, teknik icing, dan teknik red herring. Pada penelitian ini terdapat enam video yang menggunakan lebih dari satu teknik komunikasi persuasif. Film animasi Nussa dan Rarra ini bersifat dinamis atau tidak kaku dan mudah diterima karena adanya lima teknik persuasif yang digunakan. Dalam penyampaian pesannya saat ini, tidak hanya bisa dilakukan secara konvensional, namun bisa dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan menyesuaikannya dengan keadaan sekarang. Seorang komunikator dituntut supaya inovatif dan kreatif dalam menyampaikan dan mengelola pesan agar pesan yang disampaikan akan lebih beragam dan tidak monoton

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik Komunikasi Persuasif; Film animasi; Youtube
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 03 Aug 2024 02:48
Last Modified: 03 Aug 2024 02:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23030

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics