Strategi komunikasi dalam program “Ulama Menyapa” pada TVKU Semarang

Aisy, Fauziyyah Arrihadatul (2023) Strategi komunikasi dalam program “Ulama Menyapa” pada TVKU Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1901026007_FAUZIYYAH_ARRIHADATUL_AISY] Text (SKRIPSI_1901026007_FAUZIYYAH_ARRIHADATUL_AISY)
1901026007_Fauziyyah Arrihadatul Aisy_Tugas Akhir - Fauziyyah Arrihadatul Aisy.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Televisi merupakan salah satu media massa yang sangat efektif dalam penyampaian pesan dakwah, sehingga sebuah stasiun televisi harus memperhatikan hal penting dalam menyampaikan suatu pesan, yaitu strategi komunikasinya. Berkaitan dengan strategi komunikasi stasiun televisi, TVKU Semarang adalah satu-satunya televisi lokal berbasis pendidikan yang berdiri di Semarang dan memiliki program dakwah sebagai program unggulannya yaitu Ulama Menyapa. Ulama Menyapa adalah bekerja sama dengan MUI (Majelis Ulama Indonesia) Jawa Tengah dan tiga masjid besar di Semarang, yaitu, Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid Kauman atau Masjid Agung Semarang, dan Masjid Baiturrahman. Bentuk kerjasama antara TVKU Semarang, MUI Jawa Tengah, dan tiga masjid besar di Semarang adalah TVKU menyediakan wadah bagi ulama-ulama di Jawa Tengah untuk berdakwah dan mensyiarkan agama Islam di Jawa Tengah.
Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan strategi komunikasi dalam program Ulama Menyapa TVKU Semarang. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan produser dan host program Ulama Menyapa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh program Ulama Menyapa di TVKU Semarang adalah menyusun strategi komunikasi dengan cara mengenal sasaran khalayak (audiens) terlebih dahulu dengan menggunakan peran ulama ketika sedang berdakwah senhingga mereka dapat sekaligus menyebarkan informasi terkait program Ulama Menyapa. Setelah selesai mengenal khalayak, kemudian menyusun materi atau tema yang akan disiarkan dengan mempertimbangkan tema yang sedang hangat di masyarakat. Program Ulama Menyapa menggunakan metode, edukatif, informatif, dan canalize. Media siar program Ulama Menyapa dilakukan melalui siaran televisi, YouTube, dan web streaming, sehingga program ini memiliki jangkauan audiens yang luas dapat disaksikan berulang-ulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi; Ulama Menyapa; Program TV
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 03 Aug 2024 02:53
Last Modified: 03 Aug 2024 02:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23035

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics