Strategi media mengolah informasi sosial kemasyarakatan : studi newsroom pada Jawa Pos Radar Semarang

Hamzawi, Syafiq (2023) Strategi media mengolah informasi sosial kemasyarakatan : studi newsroom pada Jawa Pos Radar Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1901026040_SYAFIQ_HAMZAWI] Text (SKRIPSI_1901026040_SYAFIQ_HAMZAWI)
1901026040_Syafiq Hamzawi_Full Skripsi - Syafiq Hamzawi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Media massa sebagai sarana informasi menjadi bagian terpenting bagi kehidupan manusia. Informasi sosial merupakan keterangan yang berisi gagasan, nilai dan makna yang mengandung data dan fakta berisikan pesan maupun penjelasan yang dapat didengar dilihat dan dibaca yang disajikan ditengah tengah masyarakat tertentu menunjukan hubungan kekuasaan, serta memudahkan berbagai macam inovasi sehingga masyarakat umum dapat memperoleh informasi yang berkaitan dengan kebutuhan dan kepentingannya sebagai sumber pengetahuan baru.
Di Kota Semarang dikenal dengan adanya beberapa media yang sifatnya lokal maupun nasional. Media yang bersifat lokal seperti Jawa Pos Jawa Pos Radar Semarang yang telah mampu memproduksi berbagai macam berita antara lain berita-berita sosial kemasyarakatan. Strategi adalah suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi dengan disertai susunan perencanaan dan langkah atau upaya inovasi untuk mencapai tujuan penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.
Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini dengan menggunakan metode penelititian kualitatif denggan menggunakan studi deskriptif yang tersruktus dalam menyajikan data lapangan. pengumpul data berupa wawancara, observasi, dan dokumntasi. Penelitian ini membahas bagaimana surat kabar Jawa Pos Radar Semarang dalam strategi mengolah informasi sosial menjadi sebuah berita yang diminati. Sebagai suatu media yang berkontribusi menyalurkan informasi tentunya Jawa Pos Jawa Pos Radar Semarang memiliki cara tersendiri. maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Jawa Pos Jawa Pos Radar Semarang dalam mengolah informasi sosial kemasyarakatan melalui newsroom kepada masyarakat.
Adapun hasil dari penelitan tersebut adalah bahwa Jawa Pos Jawa Pos Radar Semarang dalam melakukan pencarian berita yang kemudian dicetak dan dipublikasikan terlebih dahulu, yaitu dengan melakukan, pertama, tahapan rapat yang tujuannya adalah untuk membahas tentang berita yang akan disajikan kepada masyarakat. Berita tentang sosial kemasyarakan yang dipublikasikan melalui media cetak merupakan salah satu bahasan yang diminati banyak orang. Dalam prosesnya rapat yang dilakukan di ruang redaksi adalah melakukan gambaran-gambaran yang dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu pra produksi, tahapan produksi, dan tahap pasca produksi. Kedua, Sumber daya manusia yang cukup kompeten dalam bidangnya, dan dilengkapi dengan fasilitas yang mempuni. Selain melakukan Rapat Jawa Pos Radar Semarang juga melakukan fungsi evaluasi sebagai bentuk penilaan apakah kinerja dari wartawan sudah sesuai atau tidak sesuai. Dengan menggunakan strategi tersebut Jawa Pos Jawa Pos Radar Semarang menghadirkan sebuah berita dan menjadi sumber informasi kepada masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi media; Pengelolaan informasi; Newsroom; Radar Semarang
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 03 Aug 2024 02:58
Last Modified: 03 Aug 2024 02:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23040

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics