Produksi Voxpop dakwah : studi terhadap akun Youtube “Kata Ustadz”
Mardiana, Nurlita (2023) Produksi Voxpop dakwah : studi terhadap akun Youtube “Kata Ustadz”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Full Skripsi Lita - Nurlita Mardiana UIN Walisongo Semarang(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Kini YouTube di Indonesia kian meningkat dan semakin marak pengguna maupun penikmatnya. Sebelumnya mungkin salah satu format dakwah yang umum kita ketahui di media sosial yaitu hanya berupa ceramah monolog dari seorang dai, dengan latar belakang seperti ini lah yang mendorong content creator dakwah yaitu kanal Kata Ustadz untuk mencari formula baru untuk menggaet para penonton yang jenuh dengan dakwah yang monoton. Formula yang mereka gunakan dalam kata ustadz ialah question and answer dari para talent (voxpop). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi playlist Kata Ustadz. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian analisis deskriptif yang mana berusaha menampilka suatu peristiwa yang telah terjadi dengan mencatat dengan cermat setiap efek ataupun peristiwa yang dibaca. Pada penelitian ini yang menjadi sumber data primer ialah Dani Permata, karyawan di PT. Digi Bintang Sinergi (VIA) yang bertanggung jawab sebagai manager of content and community. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan dokumentasi. YouTube Kata Ustadz yang kini dibawah naungan VIA Creative Hub telah berhasil mengelola youtubenya sesuai dengan prosudur standar kerja produksi, yang dapat menjadi pedoman saat produksi content creator lainnya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ketika tahapan pra-produksi voxpop hal pertama yang diperhatikan adalah pemilihan tema yang relevan dengan keresahan sosial, dan membuat rencana pertanyaan yang bisa menggali lebih dalam tentang jawaban si narasumber/taelent, ketika tahap produksi voxpop hal penting pertama ialah wawancara terhadap narasumber/talent dan harus membuat narasumber menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan jawaban yang natural dari dirinya tanpa settingan, pasca-produksi yaitu tahapan dimana editor mengumpulkan jawaban-jawaban dari narasumber agar menjadi sebuah narasi yang apik dan ada kesan menghibur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses Produksi; Dakwah; Voxpop; Kata Ustadz; Youtube |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Wati Rimayanti |
Date Deposited: | 03 Aug 2024 03:06 |
Last Modified: | 03 Aug 2024 03:06 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23041 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year