Jual beli padi dengan sistem lelang dalam perspekif hukum Islam : studi kasus di Desa Jipang, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora

Sari, Intan Novita (2023) Jual beli padi dengan sistem lelang dalam perspekif hukum Islam : studi kasus di Desa Jipang, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602036031_Intan_Novita_Sari] Text (Skripsi_1602036031_Intan_Novita_Sari)
Skripsi_1602036031_Intan_Novita_Sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sistem jual padi dengan sistem lelang di desa Jipang, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora. Lelang merupakan bentuk jual beli barang dimuka umum kepada penawar tertinggi. Penjualan dalam bentuk lelang dilakukan di depan para peminat atau orang banyak dan biasanya tawaran dengan berjenjang naik. Pelaksanaan lelang padi dilakukan di kantor kepala desa oleh Pemerintah Desa dan pengurus dharma tirta selaku panitia lelang dengan turut mengundang para pembeli padi sebagai peserta lelang melalui pamflet yang disebar di setiap sudut desa, media social, baik Facebook maupun Whatsapp dsb saat mendekati waaktu panen, padi yang di lelang merupakan padi hasil kerjasama antara petani dengan dharma tirta yang dimodali oleh BUMDesa. praktik seperti ini sudah biasa dilakukan secara turun temurun sampai saat ini. Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini tentang bagaimana Praktik akad jual beli padi dengan sistem lelang di Desa Jipang Kecamatan Cepu Kabupaten Blora dan bagaimana tinjauan hukum Islam mengenai praktik akad jual beli padi dengan sistem lelang tersebut, apakah sudah memenuhi hukum Islam atau belum.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan normatif-empiris serta metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini ada dua sumber data primer yang diperoleh dengan cara mewawancarai Kepala Desa Jipang, Pengurus Dharma Tirta, Anggota Dharma, Peserta lelang dan Pemenang lelang. Sedangkan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, catatan dan lain lain. Kemudian setelah data terkumpul penulis menganalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Jual beli padi dengan sistem lelang di Desa Jipang Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora adalah jual beli yang sahih, Dalam islam jual beli lelang di sebut dengan muzayyadah, selama jual beli tersebut tidak bertentangan dengan hukum syara’ yaitu Al Quran maka diperbolehkan. Transaksi jual beli lelang dikatakan boleh atau dibenarkan oleh syariat melalui rukun dan syarat pada transaksi yang dilakukan. Transaksi jual beli yang dilakukan panitia lelang dan peserta sudah memenuhi rukun dan syarat, serta dilakukan saling rela dan ridha tanpa ada paksaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Lelang; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:04
Last Modified: 01 Aug 2024 04:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23042

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics