Teknik komunikasi persuasif pada akun Instagram Rizkytaqy dalam berdakwah

Sofiyarini, Mutiah (2023) Teknik komunikasi persuasif pada akun Instagram Rizkytaqy dalam berdakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1901026082_MUTIAH_SOFIYARINI] Text (SKRIPSI_1901026082_MUTIAH_SOFIYARINI)
1901026082_Mutiah Sofiyarini_Lengkap Tugas Akhir - Mutiah Sofiyarini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Di era teknologi yang selalu mengalami perkembangan seorang da’i tidak hanya menyampaikan dakwahnya lewat mimbar tatap muka secara langsung, namun da’i sekarang dipermudah dengan media sosial untuk menyampaikan dakwahnya, salah satu media sosial yang dapat digunakan ialah Instagram. Instagram menyediakan berbagai macam fitur berupa video, audio maupun audiovisual. Adanya kemudahan tersebut seorang da’i harus mengetahui dan menguasai teknik komunikasi persuasif untuk melancarkan dakwahnya.
Skripsi ini menggunakan penelitian jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses memperoleh data penelitian ini memakai metode dokumentasi. Sedangkan untuk teknik Analisa penelitian ini memakai analisis isi milik Krippendorff dengan empat langkah yaitu unitisasi, reduksi, penarikan kesimpulan dan analisis data. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui dokumentasi yang dilakukan penulis dengan memilih lima konten yang ada didalam akun Instagram Rizkytaqy sesuai dengan jumlah penonton terbanyak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik komunikasi persuasif pada akun Instagram Rizkytaqy dalam berdakwah menggunakan teori milik Onong Uchjana Effendy yang terdiri dari teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan dan teknik red-herring. Namun saat setelah peneliti melakukan penelitian hanya terdapat 3 jenis teknik komunikasi yang dikemukakan oleh Onong U Effendy yang dipakai dalam konten Instagram Rizkytaqy yaitu pertama teknik asosiasi suatu teknik berupa pemanfaatan peristiwa atau kejadian yang menarik perhatian mad’u, kedua teknik ganjaran atau sering disebut dengan teknik basyiran nadziran berupa teknik yang berupa iming-iming atau menakut-nakuti mad’unya, dan ketiga teknik tataan yang mana berupa teknik menyusun pesan dengan bahasa yang baik sehingga dapat memotivasi mad’u.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif; Instagram; Rizkytaqy; Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 03 Aug 2024 03:10
Last Modified: 03 Aug 2024 03:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23045

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics