Pengaruh brand equity terhadap keputusan mendengarkan program siaran dakwah : studi kasus pada Monitor DAIS (MODIS) Radio DAIS 107.9 FM
Berlian, Halimah Putri (2023) Pengaruh brand equity terhadap keputusan mendengarkan program siaran dakwah : studi kasus pada Monitor DAIS (MODIS) Radio DAIS 107.9 FM. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1901026085_HALIMAH PUTRI BERLIAN_SKRIPSI LENGKAP - Halimah Berlian.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Industri media beirlomba - lomba meinyeibarkan beirbagai informasi dan hiburan meinarik yang layak dijual di publik. Salah satunya adalah media radio berbasis dakwah dengan menjual jasa berupa program siaran. Program Siaran Dakwah radio DAIS harus mempunyai brand equity yang kuat sehingga memiliki citra yang kuat pula dalam benak pendengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh brand equity dari variabel-variabel kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek dalam mengambil keputusan untuk mendengarkan program siaran dakwah radio DAIS 107.9 FM.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik angket (kuesioner). Populasi penelitian ini adalah MODIS ( Monitor DAIS). Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling berupa purposive sampling yang dihitung melalui rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 53 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap keputusan untuk mendengarkan program siaran dakwah radio DAIS 107.9 FM. Hasil pengujian ini menghasilkan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,519 artinya 51,9% variasi keputusan mendengarkan program siaran dakwah radio DAIS 107.9 FM dapat dijelaskan oleh variabel independen kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek. Sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar model regresi.
Dampak dalam penelitian ini adalah gerbang awal dimulainya kembali pertemuan pendengar setia radio DAIS (MODIS) seperti sebelum terjadinya covid, sedangkan keterbatasan dalam penelitian ini adalah terkait waktu penulis dan responden dalam penyebaran angket, dan saran untuk kajian selanjutnya variabel ditambah agar ada pembanding dan metode ditambah seperti metode wawancara agar informasi yang didapatkan lebih bervariasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand equity; Brand awareness; Brand associations; Perceived quality; Brand loyalty; Keputusan pendengar; Siaran dakwah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Wati Rimayanti |
Date Deposited: | 03 Aug 2024 03:17 |
Last Modified: | 03 Aug 2024 03:17 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23047 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year