Representasi muslimah dalam serial MS. Marvel : analisis semiotika John Fiske

Wibisono, Reza (2023) Representasi muslimah dalam serial MS. Marvel : analisis semiotika John Fiske. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1901026129_REZA_WIBISONO] Text (SKRIPSI_1901026129_REZA_WIBISONO)
1901026129_Reza Wibisono_Lengkap Tugas Akhir - Reza Wibisono.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (903kB)

Abstract

Serial Ms. Marvel merupakan tayangan web series di Disney+ yang berjumlah 6 episode. Menceritakan kehidupan Kamala Khan sebagai remaja muslim keturunan Pakistan yang tumbuh besar di Jersey City, New Jersey, Amerika Serikat. Kamala bercita-cita menjadi manusia super seperti idolanya Captain Marvel. Untuk pertama kalinya ada pahlawan super wanita muslimah dan menjadikannya sebagai tokoh utama. Penelitian ini menganalisis representasi muslimah dalam serial garapan Marvel Studio yaitu Ms. Marvel. Penelitian ini mengkaji muslimah dalam serial Ms. Marvel yang mengalami bias gender di kalangan Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis pengkodean semiotika milik John Fiske. Setelah dianalisis melalui level realitas, level representasi, dan level ideologi ditemukan adanya peran gender dalam ruang publik serta dalam keluarga namun juga tetap ada bias gender mengenai kehidupan remaja yang tumbuh di keluarga konservatif, dan stereotipe mengenai hijab sebagai suatu keterpaksaan dari orang tua kepada anak perempuannya. Ideologi yang ditampilkan pada serial ini adalah feminisme untuk memperjuangkan peran gender, mendobrak budaya patriarki, serta menghilangkan penindasan terhadap muslimah. Marvel studio sebagai produser dan para kru yang terlibat dalam serial ini telah melakukan riset yang baik tentang kebudayaan Islam khususnya tentang Islam dari Asia Selatan. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat dikembangkan ruang lingkup penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Representasi; Muslimah; Ms. Marvel; Semiotika; John Fiske
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 03 Aug 2024 03:25
Last Modified: 03 Aug 2024 03:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23053

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics