Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli buket uang : studi kasus di Semarang Barat

Rahma, Rifa Nabila (2023) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli buket uang : studi kasus di Semarang Barat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602036115_Rifa_Nabila_Rahma] Text (Skripsi_1602036115_Rifa_Nabila_Rahma)
Skripsi_1602036115_Rifa_Nabila_Rahma.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan muamalah yang diperbolehkan dalam Ekonomi Islam salah satunya ialah jual beli. Dalam masalah ini jual beli sejenis yaitu uang dengan uang dalam buket uang, sama seperti jual beli perak dan emas. Transaksi jual beli menggunakan uang asli. Dalam Islam diperbolehkan jual beli sejenis tetapi harus jumlah yang sama. Jika kelebihan jumlahnya maka dapat dikategorikan sebagai riba. Karena Islam, riba tidak diperbolehkan. Hal tersebut menjadi kegelisahan penulis sehingga melakukan penelitian ini.
Berdasarkan permasalahan tersebut rumusan masalahnya adalah Bagaimana Praktik Jual Beli Buket Uang di Semarang Barat? Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Buket Uang di Semarang Barat?
Jenis penelitian yaitu penelitian normatif-empiris, menggunakan metode kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan yuridis-empiris. Sehingga data yang digunakan untuk penelitian diperoleh dari lapangan berupa data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa transaksi jual beli buket uang di Speak Up Florist & Gift dan Flowerfever.id tidak menjual uang akan tetapi menjual bahan-bahan dan upah dari pembuatan buket uang. jual beli buket uang di Semarang Barat diperbolehkan dalam Hukum Islam. Akad yang diterapkan dalam transaksi ini adalah akad jual beli. Yang di perjual belikan yaitu bahan-bahan atau akesoris yang digunakan dalam buket.Tidak termasuk kedalam akad sharf karena dalam syarat jual beli sharf terdapat salah satu syarat yang tidak terpenuhi, yaitu sama nilainya, transaksi jual beli mata uang jika transaksi dilaksanakan pada mata uang sejenis maka nilainya harus sama atau seimbang. Kelebihan uang tersebut termasuk kedalam upah sebagai selesainya pekerjaan dalam membuat buket uang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Sharf; Buket uang; Hukum ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.4 Uang
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:38
Last Modified: 02 Aug 2024 08:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23057

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics