Manajemen pendidikan karakter pribadi muslim di SMP IT Al-Ma’ruf Candisari

Futhna, Fiki Dzakiyyah (2023) Manajemen pendidikan karakter pribadi muslim di SMP IT Al-Ma’ruf Candisari. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603036073_Fiki Dzakiyyah Futhna_Lengkap] Text (Skripsi_1603036073_Fiki Dzakiyyah Futhna_Lengkap)
1603036073_Fiki Dzakiyyah Futhna_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena banyaknya remaja yang mulai luntur nilai karakter keislamannya. Seperti halnya Kurangnya sopan santun kepada orang yang lebih tua, kurangnya minat melanjutkan belajar membaca Al-Quran di TPQ, Kurangnya kesadaran dalam menjalankan ibadah sunnah dan tidak melaksanakan shalat wajib tepat waktu, kurangnya kesadaran akan kesakralan doa dan melaksanakan rangkaian wirid dalam shalat, dan kurangnya kesadaran bahwa bentuk bakti kita terhadap orang yang telah tiada yaitu dengan mengirimkan doa melalui lantunan tahlil dan doa tahlil. Berangkat dari permasalahan tersebut, SMP IT Al-Ma’ruf Candisari sebagai rumah kedua bagi siswa adalah tempat yang tepat untuk menerapkan kegiatan pendidikan karakter pribadi muslim dengan memfasilitasi siswa untuk menanamkan karakter pribadi muslim dengan metode pembiasaan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Untuk mendapatkan data yang diperlukan peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui teknik triangulasi pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pendidikan karakter pribadi muslim di SMP IT Al-Ma’ruf adalah mengadakan rapat bersama antara kepala sekolah, seluruh guru dan staf sekolah membahas pembiasaan-pembiasaan untuk membentuk karakter pribadi muslim siswa dengan menyesuaikan visi dan misi sekolah, penyusunan kegiatan, penjadwalan dan pengalokasian waktu. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter pribadi muslim di SMP IT Al-Ma’ruf Candisari berjalan dengan baik sesuai perencanaan yang telah disusun sebelumnya, (3) Evaluasi pendidikan karakter pribadi muslim di SMP IT Al-Ma’ruf Candisari dilakukan dengan metode monitoring, hasil pendidikan karakter pribadi muslim berdampak pada kehidupan sehari-hari siswa secara reflektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Karakter; Pribadi muslim
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:09
Last Modified: 31 Jul 2024 02:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23082

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics