Manajemen peningkatan kedisiplinan menghafal Al-Qur’an di SDIT Permata Bunda, Demak

Aini, Aisyah Nurul (2023) Manajemen peningkatan kedisiplinan menghafal Al-Qur’an di SDIT Permata Bunda, Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703036042_Aisyah Nurul Aini_Lengkap] Text (Skripsi_1703036042_Aisyah Nurul Aini_Lengkap)
1703036042_Aisyah Nurul Aini_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan pedoman utama dan petunjuk bagi kehidupan manusia. Karena Allah Swt telah mengatur seluruh ciptaan-Nya baik itu di dunia serta di akhirat dan bahkan Allah telah mengatur kehidupan manusia dalam Al-Qur’an. Oleh karena itu, mempelajari Al-Qur’an merupakan kewajiban bagi umat Islam. Dalam proses menghafal Al-Qur’an diperlukan kedisiplinan yang harus diterapkan oleh siswa agar proses menghafal berjalan dengan lancar.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen guru meningkatkan kedisiplinan menghafal al-qur’an di SDIT Permata Bunda, Demak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat manajemen yang digunakan SDIT Permata Bunda Demak dalam menerapkan perilaku kedisiplinan menghafal al-qur’an yaitu: metode wadah, metode kitabah, metode jama” dan metode talaqqi, Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan siswa di SDIT Permata Bunda Demak dikategorikan baik. Namun terdapat juga ketidakdisiplinan siswa dalam meneytor halaman yaitu pada hari jum’at. Dimana siswa terdapat siswa yang tertidur saat menunggu antrean setoran hafalan, siswa yang kurang sungguh sungguh atau malas malasan saat murojaah Bersama, siswa tidak maksimal atau tidak sesuai target hafalan dalam sepekan, tidak disiplin tempat artinya masih duduk ditempat kelompok lain yang tidak seusai dengan kelompoknya atau tidak langsung menuju lokasi tahfidz sesuai kelompok dan bermain atau mengobrol saat mengantre setoran tahfidz alquran.
Kata Kunci: Manajemen, Kedisiplinan, Menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Kedisiplinan; Hafalan; Al-Quran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:45
Last Modified: 31 Jul 2024 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23084

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics