Pasuwitan sebagai legalitas perkawinan masyarakat Samin dalam perspektif budaya hukum

Tsauri, Rifian (2023) Pasuwitan sebagai legalitas perkawinan masyarakat Samin dalam perspektif budaya hukum. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702016064_Rifian_Tsauri] Text (Skripsi_1702016064_Rifian_Tsauri)
Skripsi_1702016064_Rifian_Tsauri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pasuwitan merupakan rangkaian tatacara adat perkawinan pada masyarakat samin, yang menjadikan syarat untuk sah atau tidaknya suatu perkawinan harus melalui pasuwitan terlebih dahulu di adat masyarakat suku samin. Perkawinan adat di samin atau sedulur sikep bisa di sebut unik dan juga sakral karena mereka tidak mencatatkan perkawinan di kua ataupun dukcapil yang oleh sebab itu bisa hilang hak nya dimata hukum. Berdasarkan pada uraian tersebut terdapat dua rumusan masalah, yaitu 1.Bagaimana praktik dan pelanggaran hukum pasuwitan sebagai legalitas perkawinan di masyarakat Suku Samin? 2. Bagaimana tinjauan hukum terhadap budaya pasuwitan sebagai legalitas perkawinan di masyarakat Suku Samin?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau filed research dan menggunakan metode kualitatif. Pendekatan dari penelitian ini adalah pendekatan yuridis empiris. Pengumpulan data yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini, penulis menggunakan teknik wawancara.
Hasil dari penelitian ini tata cara perkawinan masyarakat adat Samin dilakukan dengan tahap nakokke, mbalesi gunem, ngendek, nyuwito, ngenger, paseksen, dan tingkepan. Adapun pelanggarannya berupa pernikahan dibawah umur, tidak mencatatkan perkawinan, tidak menikah berdasarkan agama yang diakui di indonesia. Dan kalau ditinjau dari budaya hukum perkawinan pasuwitan benar-benar merupakan perkawinan yang bersumber pada adat-istiadat atau budaya hukum yang didasarkan pada kebiasaan masyarakat suku Samin secara turun temurun

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pasuwitan; Masyarakat Samin; Legalitas perkawinan; Budaya hukum
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law
300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 392 Customs of life cycle and domestic life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:52
Last Modified: 02 Aug 2024 08:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23085

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics