Manajemen kesantrian di Pondok Pesantren Ma’hadut Tholabah Tegal

Mausufi, Indana Zulfa (2023) Manajemen kesantrian di Pondok Pesantren Ma’hadut Tholabah Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703036103_Indana Zulfa Mausufi_Lengkap] Text (Skripsi_1703036103_Indana Zulfa Mausufi_Lengkap)
Skripsi_1703036103_Indana Zulfa Mausufi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Manajemen dalam sebuah lembaga pendidikan penting dilakukan, karena akan mampu memberikan motivasi, sehingga seluruh kegiatan yang berupa manajemen peserta didik dapat terlaksana. Di antara kegiatan pada proses ini adalah persiapan penerimaan santri baru yang meliputi, analisis daya tampung santri dan juga pengelompokan santri dalam kelas.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kesiswaan di pondok pesantren Ma‟hadut Tholabah babakan lebaksiu tegal dan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kesiswaan di pondok pesantren Ma‟hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, penelitian mengumpulkan sebanyak-banyaknya melalui hasil pengamatan, penglihatan dan pendengaran. Kemudian data yang dikumpulkan diolah dan dinalisis kembali kemudian diambil kesimpulannya.
Meskipun Pondok Pesantren Ma‟hadut Tholabah Lebaksiu Tegal masih tetap mempertahankan tradisi salafiyyah namun dalam pengelolaannya telah mengadopsi sistem pesantren modern yakni sistem pengajaran secara klasikal, adanya kurikulum yang telah disesuaikan dengan jenjang kelas, bagi santri yang telah selesai pendidikan diberikan sertifikat, dan lain sebagainya.
Pelaksanaan fungsi manajemen kesiswaan/kesantrian di pondok pesantren Ma‟hadut Tholabah Lebaksiu Tegal telah menerapkan prinsip kerja sama yang baik, hal ini tampak dalam setiap agenda kegiatan pelaksanaan program kerja kerjasama antar pengurus sangat kuat, tanpa meninggalkan tugas masing-masing individu. Hal ini di laksanakan dalam rangka agar tujuan dari organiasi kelembagaan bisa bisa terwujud.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:54
Last Modified: 31 Jul 2024 02:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23090

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics