Manajemen keuangan dalam pendidikan gratis di Pondok Pesantren Roudlotun Ni’mah

Azlinawati, Norin Noor (2023) Manajemen keuangan dalam pendidikan gratis di Pondok Pesantren Roudlotun Ni’mah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036017_Norin Noor Azlinawati_Lengkap] Text (Skripsi_1803036017_Norin Noor Azlinawati_Lengkap)
Skripsi_1803036017_Norin Noor Azlinawati_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Manajemen keuangan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengawasan terhadap penggunaan sumber daya keuangan dalam suatu entitas atau organisasi. Hal ini melibatkan pengambilan keputusan yang cerdas untuk mengelola dana dan aset dengan tujuan mencapai tujuan keuangan yang ditetapkan.Dalam konteks pendidikan gratis memiliki peran yang penting untuk memastikan keberlanjutan dan efisiensi operasional lembaga pendidikan.
Sesuai pada latar belakang di atas, peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut: (1).Bagaimana manajemen keuangan dalam pendidikan gratis di pondok pesantren? (2).Apa saja hambatan dan solusi dalam pelaksanaan manajemen keuangan dalam pendidikan gratis di pondok pesantren?
Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data observasi diperoleh secara langsung melalui Kiai pondok Pesantren Roudlotun Ni’mah dan Ustad. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dalam melaksanakan program pendidikan gratis, pondok pesantren Roudlotunni'mah menerapkan perencanaan yang melibatkan semua yang berkepentingan dan melaksanakan secara maksimal dan mengevaluasi dari setiap kebijakan. dan untuk mengatasi hambatan tersebut, pondok pesantren menerapkan beberapa solusi. Diversifikasi sumber pendanaan, peningkatan manajemen keuangan, pengembangan rencana keuangan jangka panjang, pengawasan dan pelaporan keuangan yang baik, pengelolaan dana cadangan, pengembangan kemitraan dan jaringan, efisiensi operasional, serta komunikasi dan keterlibatan dengan pihak terkait merupakan beberapa solusi yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen keuangan; Pendidikan gratis; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:18
Last Modified: 31 Jul 2024 03:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23095

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics