Analisis hukum Islam terhadap pembatalan sepihak oleh pengguna layanan jasa Grabfood di Grab region Kudus
Hikam, Sahmu Thariq (2023) Analisis hukum Islam terhadap pembatalan sepihak oleh pengguna layanan jasa Grabfood di Grab region Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1702036072_Sahmu_Thariq_Hikam.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Grab merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi berbasis online yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia, dalam perkembanganya, Grab berkontribusi sangat besar dalam memberikan kesejahteraan oada masyarakat khususnya driver. Namun disamping memberikan pekerjaan pada driver, praktik-praktik di lapangan seperti pembatalan sepihak oleh pelanggan sangat merugikan driver. Salah satu fitur andalan dari grab yaitu layanan GRABFOOD atau sering disebut juga dengan layanan jasa pesan antar makanan dimana didalam islam termasuk kedalam akad ijarah karena objeknya berupa jasa dan erat kaitanya dengan upah-mengupah, layanan jasa GRABFOOD ini salah satu fitur yang sering terjadi permasalahan seperti pembatalan sepihak dari konsumen, sehingga driver dirugikan atas adanya pembatalan tersebut serta tidak mendapatkan upah dari pekerjaan yang telah dijalankaan.
suatu permasalahan dalam transaksi pemesanan makanan dengan menggunakan aplikasi GrabFood. Yang mana konsumen dengan mudahnya membatalkan pesanan secara sepihak tanpa memikirkan driver GrabFood
Berawal dari permasalahan diatas, penliti memfokuskan penelitian dengan rumusan masalah: Pertama, Bagaimana praktik pembatalan secara sepihak oleh pengguna layanan GRABFOOD?. Kedua, Bagaimana analisis hukum islam terhadap praktik pembatalan secara sepihak oleh pengguna layanan GRABFOOD?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Penelitian lapangan (field research) merupakan suatu metode yang digunakan untuk menemukan secara khusus dan realistic tentang bagaimana praktik layanan jasa tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di area kota Kudus. Teknik analisis data yang digunakan penulis adalah pendekatan deskriptif yaitu menjabarkan data-data mengenai pembatalan pemesanan makanan ataupun minuman pada aplikasi GRAB.
Hasil penelitian ini menyimpulkan pertama. Pembatalan pemesanan yang dilakukan oleh konsumen yang beritikad tidak baik sehingga mengakibatkan driver mengalami beberapa kerugian seperti Driver tidak menerima haknya mendapat upah dari perjalanan yang telah diselesaikan. Kedua, Pembatalan sepihak dari konsumen pengguna GRABFOOD itu ada dua yaitu berasal dari orderan asli dan orderan fiktif. Dimana didalam Islam termasuk kedalam akad ijarah, akad ijarah ini masing-masing pihak tidak memiliki hak fasakh, kecuali dengan iqalah yaitu berdasarkan kesepakatan para pihak. Para Fukaha menegaskan bahwa semua perbuatan yang mengandung tujuan tidak masyru’ (bertentangan dengan hukum syara’) sehingga menimbulkan kemudharatan itu hukumnya tidak sah, dikatakan menimbulkan kemudharatan karena ada salah satu pihak yang dirugikan yaitu driver.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Grab; Ijarah; Pembatalan pesanan; Hukum ekonomi Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) |
Depositing User: | Alifanisaa Hanugra Yuriesandra |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 08:55 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 08:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23096 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year