Implementasi fatwa MUI Nomor 54 Tahun 2014 tentang status tanah yang di atasnya ada bangunan masjid di Desa Tambi Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo

Husna, Ali (2023) Implementasi fatwa MUI Nomor 54 Tahun 2014 tentang status tanah yang di atasnya ada bangunan masjid di Desa Tambi Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602016033_ALI_HUSNA] Text (SKRIPSI_1602016033_ALI_HUSNA)
1602016033_ALI HUSNA_SKRIPSI FULL - Ali Husna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Di Desa Tambi Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo setidaknya terdapat tiga masjid yang status tanahnya masih belum memiiki sertifikat Wakaf atau belum memiliki kekuatan hukum tetap. Ini tidak sesuai dengan Fatwa MUI No. 54 Tahun 2014 tentang Status Tanah yang di Atasnya Ada Bangunan Masjid yang menyatakan bahwa Status tanah yang di atasnya ada bangunan masjid adalah wakaf. Adapun yang belum berstatus wakaf wajib diusahakan untuk disertifikasikan sebagai wakaf.
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka penulis telah merumuskan beberapa pokok masalah yang akan menjadi pembahasan dalam skripsi ini. Adapun pokok permasalahan tersebut adalah 1). Bagaimana implementasi Fatwa MUI No. 54 Tahun 2014 Tentang Status Tanah Yang di Atasnya ada bangunan masjid di Desa Tambi Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo? 2). Mengapa Fatwa MUI No. 54 Tahun 2014 Tentang Status Tanah Yang di Atasnya ada bangunan masjid Desa Tambi Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo belum banyak berimplementasi ?. Adapun metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Di sini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian yuridis empiris yaitu metode penelitian hukum yang mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataan di masyarakat. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode pendekatan deskriptif.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Implementasi Fatwa MUI No. 54 Tahun 2014 Tentang Status Tanah Yang di Atasnya ada bangunan masjid di Desa Tambi Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo belum terjadi karena tanah yang dibangun Masjid belum disertifikasi sebagai Wakaf bahkan bukti atas hak tanahpun tidak ada. 2) adapun faktor yang melatar belakangi tidak terimplementasinya Fatwa tersebut adalah kesadaran serta kurangnya pengetahuan masyarakat Desa Tambi tentang pentingnya sertifikat wakaf sebagai bukti kepemilikan untuk melindungi eksistensi masjid tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fatwa MUI; Masjid; Sertifikasi wakaf; Status tanah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 05 Aug 2024 08:49
Last Modified: 05 Aug 2024 08:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23113

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics