Tradisi pelaksanaan walimatul ‘urs sebelum akad nikah dalam perspektif al ‘urf : studi kasus Desa Jepangrejo Kecamatan Blora Kabupaten Blora

Oktavia, Nabela (2023) Tradisi pelaksanaan walimatul ‘urs sebelum akad nikah dalam perspektif al ‘urf : studi kasus Desa Jepangrejo Kecamatan Blora Kabupaten Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602016037_NABELA_OKTAVIA] Text (SKRIPSI_1602016037_NABELA_OKTAVIA)
1602016037_Nabela Oktavia_ Skripsi Full - Fattan Firansyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Walimatul ‘ursy pada umumnya dilakukan setelah melangsungkan akad nikah. Akan tetapi di Desa Jepangrejo Kecamatan Blora Kabupaten Blora berbeda. Setengah dari warga desa terebut melaksanakan walimatul ‘ursy sebelum akad nikah dilangsungkan.
Melalui persoalan tersebut, maka dilakukan penelitian di Desa Jepangrejo Kecamatan Blora Kabupaten Blora dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1). Bagaimana pelaksanaan tradisi walimah sebelum akad nikah di Desa Jepangrejo Kecamatan Blora Kabupaten Blora? 2). Bagaimana tinjauan Al ‘Urf tentang tradisi walimah sebelum akad nikah di Desa Jepangrejo Kecamatan Blora Kabupaten Blora?.
Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk memahami tradisi Walimatul ‘Urs yang dilakukan sebelum akad nikah di Desa Jepangrejo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data pada penulisan ini dengan menggunakan wawancara terhadap para pihak warga yang melakukan tradisi tersebut. Dan didukung dengan kajian pustaka yang berkaitan dengan pelaksanaan walimatul ‘urs sebelum akad nikah.
Setelah melakukan penelitian, maka penulis menemukan bahwa setengah dari penduduk warga Desa Jepangrejo melaksanakan walimatul ‘urs sebelum akad nikah dilangsungkan. Adapun alasan terjadinya tradisi tersebut dikarenakan sudah menjadi sebuah adat yang diwarisakan secara turun temurun, dipercayai dan dijadikan patokan oleh masyarakat setempat. Dalam Perspektif Al ‘Urf pelaksanaan walimatul ‘urs sebelum akad nikah yang terlaksana di Desa Jepangrejo tersebut memiliki banyak kemadharatan dari pada mashlahahnya sehingga di kategorikan sebagai ‘Urf Fasid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: ‘Urf; Walimatul ‘urs; Pernikahan; Akad nikah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 05 Aug 2024 08:51
Last Modified: 05 Aug 2024 08:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23117

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics