Implementasi manajemen mutu terpadu dalam program pembelajaran Al-Qur'an di SMP Al-Islam Krian Sidoarjo

Febriyanti, Eka (2023) Implementasi manajemen mutu terpadu dalam program pembelajaran Al-Qur'an di SMP Al-Islam Krian Sidoarjo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036021_Eka Febriyanti_Lengkap] Text (Skripsi_1803036021_Eka Febriyanti_Lengkap)
Skripsi_1803036021_Eka Febriyanti_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Manajemen Mutu Terpadu atau Total Quality Management adalah pendekatan manajemen terhadap suatu organisasi, yang berpusat pada kualitas, melibatkan partisipasi seluruh anggotanya dan mempunyai tujuan yang jelas untuk kesuksesan dalam jangka panjang melalui kepuasan pelanggan dan manfaat untuk seluruh anggota organisasi dan masyarakat.
Sesuai pada latar belakang di atas, peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut: (1)Bagaimana Perencanaan Manajemen Mutu Terpadu Dalam Program Pembelajaran Al-Qur’an di SMP Al-Islam Krian Sidoarjo? (2) Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Mutu Terpadu Dalam Program Pembelajaran Al-Qur’an di SMP Al-Islam Sidoarjo? (3) Bagaimana Evaluasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Program Pembelajaran Al-Qur’an di SMP Al-Islam Krian Sidoarjo?
Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data observasi diperoleh secara langsung melalui Kepala Sekolah SMP Al-Islam Krian Sidoarjo, Waka Kurikulum SMP Al-Islam Krian Sidoarjo, Guru BTQ SMP Al-Islam Krian Sidoarjo, Koordinator Program Pendidikan Al-Qur’an SMP Al-Islam Krian Sidoarjo dan Peserta Dididk di SMP Al-Islam Krian Sidoarjo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program pembelajarabn Al-Qur’an di SMP Al-Islam Krian Sidoarjo belum baik. Karena, nilai peserta didik di SMP Al-Islam Krian Sidoarjo belum cukup baik. Oleh karena itu, sekolah menciptakan kegiatan intrakurikuler, meliputi pembelajaran akademik yaitu Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ). Sedangkan, kegiatan ekstrakurikuler meliputi Kelas Tartil, Kelas Tarjim, dan Kelas Marhalah. Kegiatan ekstrakurikuler ini juga disebut dengan Program Pendidikan Al-Qur’an. Program Pendidikan Al-Qur’an adalah suatu program yang dirancang khusus untuk belajar membaca Al-Qur’an di SMP Al-Islam Krian Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Manajemen mutu terpadu; Program pembelajaran Al-Qur’an
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:35
Last Modified: 31 Jul 2024 06:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23118

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics