Analisis perhitungan waktu afdal pelaksanaan salat tahajud perspektif malam syar’i dan malam astronomi

Wahyudi, Wahyudi (2023) Analisis perhitungan waktu afdal pelaksanaan salat tahajud perspektif malam syar’i dan malam astronomi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1802046102_WAHYUDI] Text (SKRIPSI_1802046102_WAHYUDI)
1802046102_Wahyudi_LANGKAP TUGAS AKHIR - Wahyudi 102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Salat tahajjud salah satu salat sunnah yang selalu dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW. Salat sunnah yang sangat mulia di mata sang pencipta, karena di waktu sepertiga malam Allah SWT turun langsung kelangit dunia untuk melihat hamban-hambanya yang sedang meminta kepada-Nya. Timbul pertanyaan, kapan sebenarnya waktu sepertiga malam yang terakhir?.
Dari permasalahan seperti di atas penulis berinisiatif mengkaji dan meneliti tentang kapan tapatnya waktu sepertiga malam itu. Sehingga penulis mengangkat dua rumusan masalah yaitu bagaiman konsep malam syr’i dan malam astronomi?, yang kedua bagaimana perhitungan pelaksanaan waktu afdalnsalat tahajjud perspektif malam syar’i dan malam astronomi?.
Metode yang digunakan penulis ialan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data kajian pustakan dan wawancara. Yakni penulis mengkaji tulisan-tulisan mengenai salat tahajjud baik hadits-hadits, pandangan fiqih, dan ataupun tulisan-tulisan yang bersangkutan tentang hal tersebut.
Penelitian ini mengahasilkan dua temua utaman. Yang pertama yaitu terdapat perpedaan terhadap malam syar’i dan malam astronomi, yang mana waktu terbit kedua berbeda, malam syar’i bermula ketika telah memasuki waktu subuh dan malam astronomi bermula ketika matahari terbit. Yang kedua ialah perhitungan pelaksanaan waktu afdal tahajjud terdapat perbedaan awal waktu keduanya, khususnya pada daerah Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Waktu Salat; Perbedaan Malam; Waktu Tahajud.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:41
Last Modified: 08 Aug 2024 01:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23119

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics