Tinjauan hukum ekonomi syari’ah terhadap penyelesaian sengketa perjanjian sewa : studi kasus CV Aqilla RentCar Beringin Ngaliyan Kota Semarang

Achmad, Bagus Rosyadi (2023) Tinjauan hukum ekonomi syari’ah terhadap penyelesaian sengketa perjanjian sewa : studi kasus CV Aqilla RentCar Beringin Ngaliyan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802036020_Bagus_Rosyadi_Achmad] Text (Skripsi_1802036020_Bagus_Rosyadi_Achmad)
Skripsi_1802036020_Bagus_Rosyadi_Achmad.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

CV Aqilla RentCar Semarang ialah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi rental mobil. CV Aqilla RentCar Semarang menyewakan berbagai macam jenis mobil untuk perorangan maupun perusahaan. Namun beberapa masalah sering terjadi ketika proses sewa menyewa di perusahaan ini, yaitu dalam proses pelaksanaan akad yang akhirnya menimbulkan sengketa antara pemilik sewa dan penyewa mobil.
Berdasarkan masalah di atas, fokus penelitian masalah ini adalah bagaimana proses akad sewa menyewa dan bagaimana penyelesaian sengketa di CV Aqilla RentCar Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses akad sewa-menyewa sudah sesuai dengan hukum islam dan untuk mengetahui bagaimana penyelesaian sengketa di CV Aqilla RentCar Semarang.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendiskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul.
Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa CV Aqilla RentCar sudah menerapkan proses akad sewa menyewa sesuai dengan hukum yang yang berlaku namun untuk penyelesaian sengketa masih ada beberapa masalah yang terjadi yang mengakibatkan kerugian anatar kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum ekonomi syariah; Sengketa; Sewa menyewa; Akad; Ijarah; Ganti rugi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 03 Aug 2024 02:16
Last Modified: 03 Aug 2024 02:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23126

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics