Implementasi peran Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen (LP2K) Jawa Tengah terkait perlindungan terhadap konsumen jual beli perumahan di Kota Semarang

Pratama, Rifki Aditya (2023) Implementasi peran Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen (LP2K) Jawa Tengah terkait perlindungan terhadap konsumen jual beli perumahan di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_RIFKI_ADITYA_PRATAMA] Text (SKRIPSI_RIFKI_ADITYA_PRATAMA)
rifki aditya pratama_1802056041_Tugas akhir - 041 rifki aditya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tingkat kebutuhan terhadap perumahan setiap tahun semakin meningkat, hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya minat konsumen dalam melakukan pembelian perumahan kepada para pengembang (developer) perumahan, namun dalam menjalankan bisnisnya banyak dari pengembang (developer) perumahan melakukan tindakan yang merugikan konsumen. Terdapat lima pengaduan perumahan yang masuk di LP2K Jawa Tengah setiap tahun mulai dari 2018 hingga 2022. Fokus penelitian skripsi ini yaitu apa peran LP2K Jawa Tengah dalam memberikan perlindungan terhadap konsumen jual beli perumahan serta bagaimana hambatan yang dialami oleh LP2K Jawa Tengah dalam menangani pengaduan konsumen jual beli perumahan di Kota Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis-empiris. Penelitian yang dilakukan diambil melalui dua sumber yaitu data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui melalui wawancara dengan LP2K Jawa Tengah. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku, literatur jurnal, dan arsip atau dokumen yang berkaitan dengan kasus tersebut. Penelitian ini dikhususkan terhadap kasus pengaduan konsumen jual beli perumahan di LP2K Jawa Tengah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran LP2K Jawa Tengah dalam memberikan perlindungan terhadap konsumen perumahan yaitu dengan melakukan upaya mediasi atau perdamaian dan sosialisasi kepada para konsumen perumahan. Hambatan yang dialami oleh LP2K Jawa Tengah yaitu berasal dari konsumen yang tidak dapat dihubungi pada saat pengaduannya akan diproses lebih lanjut dan hambatan yang berasal dari pengembang (developer) perumahan dimana sudah tidak memiliki itikad baik untuk memenuhi pemanggilan dari LP2K Jawa Tengah sehingga kasus tersebut tidak dapat terselesaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: LP2K Jawa Tengah; Pengaduan Perumahan
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:26
Last Modified: 31 Jul 2024 07:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23129

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics