Penyelesaian perselisihan pemutusan hubungan kerja terhadap perawat pada RS. Ananda Salatiga

Hasan, Tadzkir Miftahul (2023) Penyelesaian perselisihan pemutusan hubungan kerja terhadap perawat pada RS. Ananda Salatiga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1802056042_TADZKIR_MIFTAHUL_HASAN] Text (SKRIPSI_1802056042_TADZKIR_MIFTAHUL_HASAN)
1802056042_Tadzkir Miftahul Hasan_Full Skripsi - Tadzkir Miftahul Hasan 42.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perselisihan hubungan industrial menurut Undang-Undang No 2 tahun 2004 tentang penyelesaian perselisihan hubungan industrial adalah perbedaan pendapat yang mengakibatkan pertentangan antara pengusaha atau gabungan pengusaha dengan pekerja/buruh atau serikat pekerja/serikat buruh. Pemberian hak pesangon seringkali tidak sesuai dengan regulasi perundang-undangan ketenagakerjaan, secara yuridis pekerja atau buruh memang manusia yang bebas sebagaimana prinsip negara bahwa setiap warga negara tidak boleh diperbudak, diperulur, dan diperhamba serta berhak mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang layak.
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah pemutusan hubungan kerja yang terjadi di RS. Ananda Salatiga pada tahun 2019, sebanyak 68 perawat terkena PHK secara sepihak dan para perawat tersebut tidak mendapatkan hak-hak mereka seperti pesangon, kekurangan BPJS Ketenagakerjaan, dan kekurangan THR. Serta peran Dinas perindustrian dan ketenagakerjaan Kota Salatiga dalam proses mediasi dan juga analisis landasan yuridis terhadap anjuran yang diberikan oleh mediator.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian yuridis empiris dengan pendekatan Case Approach (Pendekatan Kasus). Adapun teknik pengumpulan data, penulis melakukan studi pustaka/kepustakaan (studi dokumen) dan wawancara dengan para pihak yang terlibat dalam PHK dan upaya penyelesaian perselisihan PHK, selanjutnya data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis kualitatif.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa proses penyelesaian perselisihan pemutusan hubungan kerja sudah sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku akan tetapi pemutusan hubungan kerja yang terjadi di RS. Ananda Salatiga pada tahun 2019 tidak sesuai prosedur pemutusan hubungan kerja. Hal ini jelas tidak dibenarkan karena tidak sesuai dengan hukum/Undang-Undang yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemutusan Hubungan Kerja; Perselisihan; Penyelesaian Perselisihan; Pemutusan Hubungan Kerja.
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:37
Last Modified: 31 Jul 2024 07:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23132

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics