Manajemen mutu pendidikan dalam meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tegal

Alfarizi, Iasya Yogi (2023) Manajemen mutu pendidikan dalam meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036061_Iasya Yogi Alfarizi_Lengkap] Text (Skripsi_1803036061_Iasya Yogi Alfarizi_Lengkap)
Skripsi_1803036061_Iasya Yogi Alfarizi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan peserta didik dalam manajemen mutu pendidikan, mendeskripsikan proses manajemen mutu pendidikan dalam meningkatkan prestasi peserta didik, serta mendeskripsikan output manajemen mutu pendidikan dalam meningkatkan prestasi peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hal terpenting dalam perencanaan peserta didik dalam manajemen mutu pendidikan yaitu dengan cara rapat koordinasi antara kepala sekolah dan waka kesiswaan yang kemudian dibentuknya panitia PPDB, menentukan syarat calon peserta didik antara lain seleksi akademik dan BTQ, dan menentukan sistem pembagian kelas yaitu kelas reguler dan unggulan. Selain itu untuk meningkatkan prestasi peserta didik dapat dikategorikan menjadi dua, yang pertama dengan menerapkan standar nasional pendidikan seperti standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga pendidikan, sarana dan prasarana. Yang kedua membentuk kelas unggulan dan program pengembangan diri siswa di bidang Olahraga, Seni, dan Pengetahuan. Selanjutnya dalam Output manajemen mutu pendidikan terdapat 2 indikator, yang pertama adalah prestasi siwa, MTs N 2 Tegal memperoleh nilai sempurna dalam prestasi akademik berupa tingkat kelulusan peserta didik yang megikuti ujian madrasah. Sedangkan untuk prestasi non-akademik yaitu di bidang seni dan Olahraga dapat menjuarai di tingkat Kabupaten/Kota sampai dengan Internasional. Yang kedua adalah minat masyarakat terhadap MTs N 2 Tegal yang terus mengalami peningkatan ketika proses PPDB.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Manajemen mutu; Pendidikan; Prestasi; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Aug 2024 01:23
Last Modified: 01 Aug 2024 01:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23145

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics