Tinjauan yuridis terhadap perjokian skripsi perspektif hukum positif dan Hukum Pidana Islam

Sari, Fitri Aulia (2023) Tinjauan yuridis terhadap perjokian skripsi perspektif hukum positif dan Hukum Pidana Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902026033_Fitri_Aulia_Sari] Text (Skripsi_1902026033_Fitri_Aulia_Sari)
1902026033_Fitri Aulia Sari_Lengkap Tugas Akhir - Fitri Aulia Sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dunia pendidikan semakin bertambah maju seiring perkembangan zaman. Namun kemajuan ini tidak hanya memiliki dampak positif saja namun juga ada hal negatif, salah satunya mengenai maraknya bermunculan jasa pembuatan skripsi atau joki skripsi. Penelitian ini terdiri dari 3 rumusan permasalahan yaitu 1) Bagaimana tinjauan hukum positif dan hukum pidana Islam terhadap perjokian skripsi? 2) Bagaimana sanksi hukum positif dan hakim pidana Islam terhadap perjokian skripsi? 3) Bagaimana persamaan dan perbedaan perjokian skripsi dalam hukum positif dan hukum pidana Islam?
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif berupa wawancara dan studi Pustaka yang menjadi sumber data.
Hasil penelitian pada skripsi ini adalah menunjukkan bahwa tindakan mahasiswa yang melakukan perjokian skripsi telah melanggar ketentuan dalam hukum positif Indonesia dalam KUHP dan juga hukum pidana Islam. Tindakan perjokian skripsi menurut Islam dapat dikaitkan dengan jarīmah ta`zīr yang menjadikan unsur akhlak sebagai perimbangan yang utama. Mahasiswa yang menggunakan jasa joki skripsi, menurut Islam adalah bersifat tidak memiliki akhlak yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Joki skripsi; hukum positif; Hukum Pidana Islam
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 01 Aug 2024 01:41
Last Modified: 01 Aug 2024 01:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23147

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics